Rabu, 05 Juni 2024

Renungan hari ini: “KARAKTERISTIK UTAMA DARI TUHAN” (Mazmur 145:17)

Renungan hari ini:

 

“KARAKTERISTIK UTAMA DARI TUHAN”


 

Mazmur 145:17 (TB2) "TUHAN itu adil dalam segala jalan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya"

 

Psalms 145:17 (NET) "The Lord is just in all his actions, and exhibits love in all he does"

 

Dalam nas hari ini, pemazmur memberikan dua karakteristik utama dari Tuhan: keadilan dan kasih setia. Kedua sifat ini adalah landasan dari bagaimana Tuhan berinteraksi dengan ciptaan-Nya, termasuk kita sebagai manusia.

 

Pertama, Keadilan Tuhan. Keadilan adalah salah satu atribut Tuhan yang paling sering dibicarakan dalam Alkitab. Dalam segala jalan-Nya, Tuhan selalu adil. Ini berarti bahwa Tuhan tidak pernah bertindak secara tidak adil atau semena-mena. Setiap keputusan yang dibuat oleh Tuhan selalu berdasarkan prinsip keadilan yang sempurna. Bagi kita, ini memberikan keyakinan bahwa dalam setiap situasi, Tuhan tidak akan memperlakukan kita dengan tidak adil. Meskipun kita mungkin tidak selalu mengerti jalan-jalan Tuhan, kita dapat mempercayai bahwa Dia bertindak dengan keadilan sempurna.

 

Kedua, Kasih Setia Tuhan. Selain adil, Tuhan juga penuh dengan kasih setia. Kasih setia Tuhan adalah kasih yang tak berkesudahan dan tidak tergantung pada kondisi atau situasi. Ini adalah bentuk kasih yang tetap dan setia, bahkan ketika kita gagal atau tidak setia. Dalam segala perbuatan-Nya, Tuhan menunjukkan kasih setia-Nya kepada kita. Ini berarti bahwa dalam setiap tindakan yang dilakukan Tuhan, ada unsur kasih yang mendalam dan komitmen untuk kesejahteraan kita.

 

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menghadapi situasi yang tampak tidak adil atau penuh tantangan. Ayat ini mengingatkan kita untuk tetap percaya bahwa Tuhan memiliki rencana yang adil dan penuh kasih setia untuk setiap kita. Ketika kita merasa ditinggalkan atau diperlakukan tidak adil oleh dunia, kita bisa berpegang pada kebenaran bahwa Tuhan selalu bertindak dengan adil dan dengan kasih setia.

 

Apa yang perlu direnungkan dari nas hari ini? Nas hari ini memberikan beberapa hal yang perlu direnungkan, yakni:

 

Pertama, percaya pada Keadilan Tuhan. Ketika ayat ini mengatakan bahwa Tuhan "adil dalam segala jalan-Nya," itu berarti bahwa semua tindakan dan keputusan Tuhan selalu berdasarkan prinsip keadilan yang sempurna. Tidak ada ketidakadilan atau kesalahan dalam cara Tuhan beroperasi. Dalam menghadapi ketidakadilan di dunia ini, kita dapat berdoa dan menyerahkan situasi kita kepada Tuhan yang adil. Percayalah bahwa Dia melihat dan akan bertindak menurut keadilan-Nya.

 

Kedua, meneladani Kasih Setia Tuhan. Kasih setia Tuhan adalah kasih yang tidak berkesudahan, yang tetap ada dalam segala situasi. Ketika ayat ini mengatakan bahwa Tuhan "penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya," itu mengingatkan kita bahwa: Kasih yang Tak Bersyarat: Kasih setia Tuhan tidak tergantung pada perbuatan atau keadaan kita. Meskipun kita sering gagal atau tidak setia, Tuhan tetap mengasihi kita dengan kasih yang tak tergoyahkan. Sebagai pengikut Kristus, kita dipanggil untuk meniru kasih setia Tuhan dalam interaksi kita dengan orang lain. Kita bisa menunjukkan kasih yang setia dan tidak bersyarat kepada mereka di sekitar kita, bahkan ketika itu sulit.

 

Ketiga, menguatkan iman. Setiap kali kita dihadapkan pada keraguan atau ketidakpastian, mari kita kembali kepada ayat ini dan mengingat sifat Tuhan yang adil dan penuh kasih setia. Ini akan menguatkan iman kita dan memberi kita pengharapan dalam setiap situasi. Karean itu, marilah kita merenungkan keadilan dan kasih setia Tuhan setiap hari, dan biarkan itu membentuk cara kita hidup dan berinteraksi dengan orang lain. Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang sempurna dalam keadilan dan kasih setia-Nya, dan itu adalah sumber penghiburan dan kekuatan bagi kita semua. (rsnh)

 

Selamat berkarya untuk TUHAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar