Rabu, 23 Maret 2011

Renungan Harian: Galatia 5 : 13

widgeo.net
KEMERDEKAAN ORANG KRISTEN

 

Na dung dipiohon do hamu angka dongan anso gabe halak na bebas. Tapi ulang ma hara ni na bebas hamu gabe dalan laho mangoloi giot-giotmunu na sai mardosa i. Tapi marsioloan ma hamu sama hamu hara ni holong ni roha.
Galatia 5 : 13
Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.
Galatia 5 : 13

Kemerdekaan identik dengan kebebasan. Kemerdekaan membuat orang terbebas dari rasa keterbelengguan. Memang benar merdeka artinya bebas. Namun tidak semua kemerdekaan dimaknai dengan kebebasan. Orang Kristen memang telah merdeka. Merdeka artinya bebas dari dosa. Bebas dari kutuk dosa dan maut. Bebas dari kematian yang kekal. Namun kemerdekaan orang Kristen tidak berarti dia semena-mena bisa berbuat dosa lagi. Tidak sama sekali. Orang Kristen yang merdeka artinya orang Kristen yang telah terbebas dari hukuman dosa, namun harus sekaligus berjanji dalam dirinya agar tidak melakukan dosa lagi. Artinya, kemerdekaan Kristen sekaligus mengikat diri untuk tidak berbuat dosa. Bahasa sederhananya sebenarnya adalah kita merdeka tetapi terikat janji. Bebas dari kutuk dosa, namun berjanji tidak akan berdosa lagi.


BEAM No.131 : 1+3

v    Ligi ma denggan nai angka nasa roha i
Pambaenan na pe burju, bo hatana pe tutu
 
ΓΌ    Songon nambur do hape, namanyorop sasude
Denggan ni punguan ni angka na saroha i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar