Sabtu, 10 Maret 2012

Jamita Minggu Palmarum, 1 April 2012 : Markus 11:1-11

widgeo.net
”DIA DATANG DENGAN KELEDAI MEMBAWA DAMAI”

Minggu Palmarum
Tanggal, 1 April 2012
Jamita : Markus 11:1-11
Sibasaon : Yesaya 50:4-9



Pada hari yang kita sebut sebagai Hari Minggu Palem, Tuhan Yesus memperkenalkan diri-Nya kepada bangsa Israel sebagai Raja ketika Dia memasuki Yerusalem dengan mengendarai seekor keledai. Seandainya saat itu ia mengendarai seekor kuda yang gagah, Dia akan lebih tampak seperti raja. Namun, Zakharia telah bernubuat bahwa Dia akan datang dengan rendah hati. Dan itulah yang dilakukan-Nya. Mengapa? Tradisi pada masa itu, bahwa Raja-raja Timur mengendarai keledai saat membawa misi damai. Sedangkan kuda dipakai sebagai alat perang. Orang-orang yang berkumpul mengaitkan hal itu dengan kemakmuran duniawi dan kemerdekaan dari Roma. Maka mereka berseru, "Hosana di tempat yang mahatinggi!" (Markus 11:10). Sekalipun pada kejadian yang berikutnya; beberapa hari kemudian, seruan mereka berubah menjadi: "Salibkanlah Dia!" (15:13).
Arti mesianis dari kejadian ini jelas. Pertama-tama menggambarkan pemenuhan nubuat Zakaria dalam pasal 9:9: Lihat, Rajamu datang kepadamu; Ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai. Kedua, tuntutan jabatan Mesias secara terbuka dan dengan sengaja: saatnya telah dekat dimana Ia akan ditolak sebab sebagian orang yang menyebut diri sebagai pengagum Yesus tidak mengakui Dia sebagai Juruselamat orang-orang berdosa. Jadi dapat dikatakan, sekalipun Yesus memasuki Yerusalem dan dielu-elukan namun dengan wajah-Nya yang tertuju pada salib. Dia sungguh-sungguh menyadari bahwa Dia akan mengalami kematian yang memalukan dan menyakitkan di sana.

Suatu kali seorang filosof Amerika bertanya, "Seandainya Yesus dan Plato kembali ke bumi dan mengajar di kampus yang sama pada saat yang sama, siapakah yang akan saya pilih?" Ia menyimpulkan, "Siapa yang akan memilih untuk pergi dan mendengarkan orang sehebat Plato berbicara tentang kebenaran, sementara pada saat yang sama ia bisa mendengarkan Dia yang adalah Kebenaran itu sendiri?" Kerumunan orang banyak yang mengelu-elukan Yesus itu memberi tanggapan yang sama seperti filosof itu. Mereka menyadari bahwa Dia tiada bandingnya. Orang banyak itu mengharapkan lebih banyak lagi. Mereka memohon agar dibebaskan dari penjajahan Romawi, namun Dia datang untuk membebaskan mereka dari kuasa setan. Mereka menyadari bahwa Yesus berasal dari Allah, namun mereka sama sekali tidak dapat memahami misi rohani-Nya.

Kedatangan Yesus ke suatu tempat memang selalu menarik perhatian banyak orang. Hal ini terjadi karena Yesus telah banyak melakukan mukjizat. Maka jika dalam nats yang kita baca sekarang ini menunjukkan Yesus dielu-elukan oleh banyak orang, sesungguhnya itu adalah lanjutan dari perjalanan Yesus yang senantiasa ditunggu-tunggu. Apalagi peristiwa ini terjadi dekat Betania, tempat Yesus telah membangkitkan Lazarus dari kematian. Jadi dari semuanya itu, wajar saja Yesus begitu ditunggu oleh banyak orang sekalipun itu dalam tujuan yang masih egois(untuk keuntungan sendiri). Nah, apakah kita menyatakan hormat kepada Yesus karena Dia adalah Tuhan atau semata-mata karena apa yang dapat Dia lakukan bagi kita? Menghormati Dia berarti menaati Dia dan mematikan sifat dasar kita yang mementingkan diri sendiri. Seperti halnya Filosof yang mengenali Dia sebagai Kebenaran dan orang banyak memandang Dia sebagai pembebas mereka, kita juga hendaknya dipanggil untuk menerima Dia sebagai Raja, Pribadi yang telah datang untuk bertahta dalam hati kita. Mari kita belajar untuk meneladani apa yang Tuhan Yesus sudah Tuhan Yesus perbuat bagi kita. Memang, kita tidak akan mampu untuk berkorban seperti Yesus, tetapi paling tidak kita berusaha untuk berbuat yang terbaik dan menjadi saluran berkat bagi sesama manusia. Amin.

MENJADI ORANG KRISTEN
BERARTI MENJADI HAMBA
YANG SETIA BAGI RAJA DI ATAS SEGALA RAJA

Vic. Pdt. Novalina Sinaga, S.Th
P.Sidimpuan Timur

Jamita MINGGU, 25 Maret 2012: Johannes 12 : 20 -33

widgeo.net
JUDIKA
Odingi au ale Jahowa
MINGGU, 25 Maret 2012.
Evangelium: Johannes 12 : 20 -33
Epistel: Masmur 51:1-12.



Patujolo Dohot Hatorangan:
Damang-dainang na nihaholongan dibagasan holong ni Tuhan Jesus Kristus ! Laho mampamanat turpuk jamitanta sadarion dumenggan do basaonta sian ayat 20 lopus tu ayat 36a. Marhite perikope on bolas ma idaonta boa-boa ni Jesus sandiri salaho tu partinaonan na giot bolusonNa lopus tu hamatean jana ujungna dipatuginjang jana dipasangap Debata. Muda tapamanat mamungka sian ayat 20 lopus tu ayat 22 bo halak Jahudi songon i dohot halak Yunani sedang mempersiapkan diri salaho tu ari Pesta Paskah na bolas dohonon menjelang Pesta Paskah sanga Pra-Paskah. Khususna diturpukta on taida sian horong ni halak Yunani marpor ni roha giot marsuo dohot Mesias i ima Jesus Kristus Tuhan i. Arop ni roha ni halak Yunani i dipabolkan si Pilipus dohot si Andreas do i tu Jesus. Hara ni i ma umbahen na ni dok ni Jesus: "Madung dapot hatihana pasangapon Anak ni Jolma i."
Pandohan ni Jesus on sada tudu-tudu ma i tu na giot masa salaho tu diri ni Jesus sandiri na ingkon bolusonNia pardangolan, partinaonan, lopus tu hamatean jana ujungna tu hasangapan ni Debata. Adong piga-piga hal na porlu sipamanatonta sian pandohan ni Jesus salaho tu turpuk jamitanta sadari on, isarana:
1. Muda so nisuan tu tano jana mate same i, laing tinggal sangkibung i sajo do i. Tapi muda mate same i, baru pe anso bahat erne diparbatuhon (Ayat 24). Pandohan ni Jesus on tudu-tudu do i salaho tu hamateanNa dohot hangongotNa muse sian hamatean. Sekaligus do on na gabe tiruan tu angka Anak SiseanNa, na ingkon toktong setia lopus tu ujungna natape ingkon bahat mamoius pandugaan, parhancitan, bahkan lopus tu hamatean. Astuannaingkon boluson ni Tuhan Jesuss do pardangolan, parhancitan lopus tu hamatean di hayu parsilang. Songon sada erne na ni suan tu tano jana ingkon jolo mate baru pe anso bahat erne martubuan sian i; tapi muda nada jolo mate jana nada di suan tontu nada adongnmarparbatuhon angka erne na asing sian i, laing sangkibung erne i sajo do i. Suang songon i ma angka halak kristen si ihutkon Kristus bo para missionaris dohot para martir na ingkon do bolusonna angka pandugaan parhancitan lopus tu hamatean, bolas do i idaonta pengorbanan si songon on na gabe marparbatuhon isara di luatta i ma marhite pengorbanan ni si Munson dohot si Lyman,Nommensen, Heine, Klammer, Betz, Van Assel dohot angka na asing i. Bahat do tantangan dohot rintangan na nibolus ni halahi bahkan ingkon mamoius hamatean, tapi tongtong do halahi hot marhaporusan tu Jahowa jala diondihon dohot diondingi Jahowa do halahi, songon goar ni Minggunta sadarion Judika astuanna " Ondingi au ale Jahowa".
2. Sanga ise namanghaholongi ngoluna na di tano on, agoan ngolu na so mantak ma halahi. Tapi sanga ise na so mampardulihon ngoluna na di tano on, na mangarade tu hangoluan na so mantak ma halahi. Pandohan na koras do pandohan ni Jesus on nalaho paingotkon saluhutna jolma na sai mabiar di ngoluna hara ni pangayahayahon, parhancitan, magoan jabatan bahkan agoan ngolu harani na sai tongtong setia tu Tuhanna. Sabalikna di janjihon Tuhan Jesus do barang ise namagoan ngoluna harani namangkarejohon hasintongan dohot namangoku Jesus gabe Tuhanna, tu halak si songoni lehenonNiama ngolu na manongtong. Di ayat 24 nangkin madung dipabotohon songon sabiji same/eme na ni tanom tu tano ingkon do jolo mate sian i muse gabe tubu jana mangolu huhut mamparbatuhon bahat erne. Laing songon i ma gambaran ni halak na mate martir jana na tongtong setia tu Kristus di bagasan panghobasion / peleyanan laho mamaritahon barita na uli i, lopus mamoius hamatean jagitonniama tuku hangoluan na salolot ni lolotna. Tapi dipudian ni arion muda tapamanat sai adong do halak napaula-ula setia tu Kristus, tapi pelaksanaanna asing. Sai toktong do ia lebih mementingkan diri sendiri, gariada mengorbankan sesamana demi kepentingan diri sendiri. Tu halak sisongon on didok Jesus gabe agoan ngolu. Bolas do idaonta pengalaman sisongon on songon na nipatupa si Judas Iskariot tu Tuhan Jesus; hara ni hagiot ni dirina sandiri, dijehehon ia do Tuhan i, gabe agoan ngolu ma ibana, jana parmatenape sungguh sangat tragis. Dipudian ni arion ma mur tangkas tarida hidup keegoisan ni jolma i na holan mementingkan diri sendiri jana nada be parduli tu halak na asing, bila perlu menghianati dongan pe bahenon ma asalma denggan tu dirina sandiri. Pandohan ni Tuhan Jesus di ayat 25 on porlu sajo do on ondolkononkon demi harararat ni Barita na Denggan i. Markarejo jana melayani pe hita bahen harararat ni Barita na Denggan i ma jana tau hasangapan ni Debata, nada gabe hasangapon ni jolma. Angke taingotma, jagitonta be do upanta songon parbatu ni angka karejonta i.
3. Sanga ise na giot mangoloi Au angkon ihutkononnia do Au; anso sai tongtong rap dohot Au angka na mangolio Au sanga didia pe Au. Jana pasangapon ni Damang muse ma sanga ise na mangoloi Au (ayat 26). Muda tapamanat pandohan ni Jesus on jana tapahombar muse tu Johannes 13 salaho tu na saling melayani jana patutoru diri, tangkas ma taida diujungna gabe hasangapon ma jagitonna sian Damang Debata na di Banua Ginjang. Jungada do binege pandohan ni halak Batak na mandok "Tampal marsipagodangan." Molo dirajumi astuan ni pandohan on, ra muda so sala iba mangastuisa bolas do dohonon saling menghargai, menghormati dan saling melayani di dalam kasih. Nada na laho pagodang diri sanga menyombongkan diri, tapi saling patutoru diri dan saling menghargai menghormati dan saling melayani. Muda tapasangap donganta, taoloi/talayani harani Kristus, dipasahat Jesus do sada jaminan di hita namangkarejohon i gabe jagitonta ma hasangapan na sian Debata, nada hum na sian jolma na di tano on.
4. Muda tapamanat mamungka sian ayat 27 lopus tu ayat 33 tarida hita disi partinaonan na giot boluson ni Jesus lopus tu ujung ni ngoluNa hanya demi menjalankan apa yang diperintahkan BapaNya kepadaNya (Bnd. Joh 3:16). Dilehen la hosaNa/ hamateanNa gabe taruli ma jolma i ngolu na manongtong. Hara ni i do laing dipabotohon Jesus nada sadia honok nari be ingkon tarjadi ma sasudena i. Angke satongkin nari sajo noma hatiuron i di tonga-tongamunu. Jadi dalani hamu ma sidalananmunu salolot laing adong na torang i anso ulang ditutupi hagplapan i hamu. Angke tangkas ma boto hamu sanga ise na mardalan di na golap, nada diboto ia sanga na giot tu dia ia kehe. Astuanna dibaritahon, ditonahon jana ditugaskon Jesus do tu sude si ihutkon la, tarlobi angka partohonan di ParlagutanNa i anso tongtong mambaritahon Barita Haluaon, Barita Na Uli i. Bolas dohonon mumpung masih ada kesempatan, beritakanlah Kabar Suka Cita, Kabar Keselamatan itu bagi dirimu sendiri, bagi keluarga bahkan bagi seluruh makhluk milik dan ciptaan Tuhan (Bnd. Markus 16 dan Mat 28 :19 - 20).

Pangarimpunan Jana Sipahusor-husoron:
Damang nang nainang na nihaholongan ni Tuhan Jesus Kristus I
Dibulan Juli taon na salpu tangkas dope diparningotanta na marhorja godang hita di Tano Barmen na di Parau Soratna diluat Sipirok, ima na tarayahon Syukuran marningot na dung 150 taon dung dipandidihon angka para Missinaris halak Batak na gabe siihutkon Kristus. Dibagasan perayaan i diturihon do tu hita saluhutna angka pardalanan ni para missionaris na parjolo, bope bahat tantangan dohot rintangan gariada na ingkon bolusonna hamatean tapi Injil Kristus dengan semangat dan kesetiaan harus diberitakan. Songon same/eme i ingkon do jolo mate, ditanom jana sian i muse gabe tubu ma angka erne na imbaru jana mur unbahat muse parbatuna.
Kesetiaan ni para missionaris suang songon i nang hita na porsaya jana na tongtong setia tu Tuhan Jesus, iatung pe bahat tantangan dohot rintangan", pandugaan, parhatcitan bahkan lopus tu na mate hita hara ni Kristus. Ingot ma jagitonmu ma lobi sian i sian Debata, hasonangan dohot hangoluan na manongtong. Unang mandele, jana ulang lari sian adopan ni Debata tapi gorahon ma JUDIKA = Sai ondingi au ale Jahowa laho mamoius saluhutna na masa on; ondingan jana ondihonon ni Jahowa do hita gariada jagitonta ma upa na dumenggan sian Debata ima hasonangan dohot hangoluan na manongtong. Unang ma nian hita mula-ulaon di tonga ni parlagutan i hum hara ni upa di portibion (unang hara ni gaji) tapi hara ni hasangapan ni Debata ma saluhutna taulahon ulaonta i. Angke di dok do di buku 1 Korintus 15:58: "Harani i hamu ale angka dongan na nihaholongan, sai togu ma hamu jana hot. Marsitutu ma markarejo di Tuhan i, angke diboto hamu do, sude na nikarejohonmunu di Tuhan, nada sayang boti sudena i." Antong Tuhanta ma na mamasu-masu hataNa di hita saluhutna,,, Amen...!!!

Pdt. Laorensus Pasaribu, S.Th

Sibasaon Minggu Letare, 18 Maret 2012: Efesus 2:1-10

widgeo.net
Melakukan Pekerjaan Baik
Bahan Sibasaon
Minggu Letare
Tanggal, 18 Maret 2012
(Efesus 2:1-10)



PROLEGOMENA
Salah satu pandangan yang sering muncul dalam kehidupan sebagai umat Kristen adalah bahwa menjadi orang Kristen berarti mendapatkan keselamatan dan hidup kekal. Lalu selama berada di dalam dunia juga memiliki Tuhan yang jadi Gembala sehingga bisa seperti domba yang pasti akan mendapatkan apa yang diperlukan. Hal ini bisa mengakibatkan orang memiliki pandangan bahwa menjadi orang Kristen itu enak sebab kita akan menerima banyak hal tanpa perlu mengerjakan apa-apa. Atau juga karena sudah diselamatkan maka tidak perlu lagi berjuang dalam kehidupan untuk berbuat baik karena sudah “diselamatkan”. Pemahaman-pemahaman yang bersifat egoistic dan diwarnai kemalasan untuk berbuat baik membuat orang Kristen merasa cukup dan puas dengan hidup yang biasa-biasa, atau hidup hanya untuk dirinya sendiri. Tuhan hanya menjadi “pelengkap” dan “penyedia” apa yang ia inginkan atau butuhkan. Agar tidak terjebak dengan pemikiran-pemikiran yang ekstrim seperti di atas, kita perlu memahami makna “pekerjaan baik” dalam kehidupan orang percaya. Pemahaman yang benar akan membantu kita dalam mengisi kehidupan bersama Tuhan di tengah dunia ini.

PENJELASAN ATAS TEKS

1.                   Efesus pasal 2 merupakan penjelasan detail dari pasal 1. Kita dapat mengatakan bahwa pasal 2 merupakan penjelasan terhadap “berkat rohani di dalam sorga” di pasal 1:3. Tema penebusan yang sudah dibahas di 1:7 sekarang diperjelas lagi di 2:1-10. Begitu pula tema rekonsiliasi di 1:10 dan 1:22-23 diuraikan lebih lanjut di 2:11-22. Khusus di 2:1-10, Paulus berusaha untuk meninjau ulang perjalanan keselamatan jemaat Efesus. Dia mulai dengan keadaan mereka dahulu sebelum mengenal Kristus (ayat 1-3). Setelah memaparkan betapa tidak ada harapan dan mengenaskannya keadaan orang-orang di luar Kristus, Paulus lalu menjelaskan bagaimana orang-orang seperti ini dapat diselamatkan, yaitu melalui anugerah penebusan dan kelahiran kembali (ayat 4-7). Jika orang percaya diselamatkan karena anugerah, maka mereka harus meresponi dengan dua hal: tidak boleh memegahkan diri (ayat 8-9) dan mengerjakan perbuatan baik yang sudah direncanakan Allah (ayat 10).
2.                   Keadaan kita sebelum dan setelah diselamatkan (ayat 1-7)
Dalam bagian ini Paulus menjelaskan keadaan jemaat Efesus sebelum mengenal Kristus. Walaupun kata “kamu” di ayat 1 merujuk pada “orang-orang non Yahudi” (band. ayat 11), namun bukan berarti bahwa keadaan manusia di ayat 1-3 hanya berlaku untuk mereka saja. Baik orang Yahudi maupun Yunani semuanya sama-sama di bawah kuasa dosa. Hal ini tampak dari pernyataan Paulus di ayat 3 “dahulu kami semua juga terhitung di antara mereka”. Roma 3:23 “karena semua orang telah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah”.
Bagaimana keadaan semua orang di luar Kristus? Pertama, mereka mati di dalam dosa dan pelanggaran (ayat 1). Kematian yang dimaksud di sini adalah kematian rohani, bukan kematian fisik atau kematian kekal. Ungkapan yang dipakai benar-benar tegas dan jelas: kita bukan sekedar lemas atau pingsan, tetapi mati! Sebagai orang yang mati, kita sama sekali tidak berdaya, bahkan untuk melakukan suatu tindakan sekecil apapun.
Kematian ini adalah di dalam dosa-dosa dan pelanggaran-pelanggaran. Dalam tulisan Paulus, dosa sedikit dibedakan dari pelanggaran: setiap dosa belum tentu pelanggaran, tetapi pelanggaran pasti merupakan dosa. Hal ini dapat kita lihat dari beberapa teks. Dalam Roma 5:13 dikatakan bahwa dosa sudah ada sebelum Hukum Taurat diberikan, tetapi hal itu belum diperhitungkan sebagai pelanggaran karena belum ada sebuah tatanan hukum formal yang dilanggar. Roma 5:20 menyatakan bahwa Hukum Taurat diberikan supaya pelanggaran menjadi banyak. Dengan demikian, “di mana tidak ada Hukum Taurat, di situ tidak ada juga pelanggaran” (Rom 4:15).
Penggunaan kata “dosa” dan “pelanggaran” secara bersamaan dan dalam bentuk jamak merupakan sebuah penekanan yang menyiratkan keseriusan dari kematian ini. Kita mati rohani di dalam segala aspek kerohanian kita. Kita tidak hanya ditawan oleh suatu dosa tertentu, tetapi oleh beragam kesalahan.
Kondisi kedua dari orang yang berada di luar Kristus adalah dikuasai oleh iblis (ayat 2). Kita dulu mati dalam dosa-dosa dan pelanggaran-pelanggaran karena kita mengikuti jalan dunia ini (ayat 2a). Mengapa kita mengikuti jalan dunia ini? Karena kita menaati penguasa kerajaan angkasa (ayat 2b). Iblislah yang sedang menguasai orang-orang durhaka (ayat 2c). Di tempat lain Paulus menjelaskan bahwa iblis – sebagai ilah jaman ini – berusaha membutakan mata orang-orang di luar Kristus sehingga mereka tidak bisa melihat cahaya injil (2Kor 4:4). Yesus juga pernah mengatakan bahwa mereka yang menjadi anak-anak iblis pasti ingin melakukan kehendak iblis sebagai bapa mereka (Yoh 8:44a). Setelah kita percaya kepada Kristus, kita memang tetap berperang melawan iblis dan pengikutnya (Ef 6:12), tetapi kita bukan lagi berada di pihak yang kalah atau dikuasai oleh mereka. Kita telah diberi berbagai senjata rohani untuk mengalahkan iblis (Ef 6:13-18). Bagaimanapun, perlu kita catat, bahwa mereka yang di luar Kristus tidak memiliki satu pun dari senjata itu. Jika mereka tidak memiliki senjata itu, bagaimana mereka dapat melawan iblis?
Kondisi terakhir dari orang yang di luar Kristus adalah dikuasai oleh naturnya yang sudah rusak (ayat 3). Paulus menjelaskan bahwa perbuatan-perbuatan kedagingan kita yang dahulu sangat berkaitan dengan natur kita. Ungkapan “pada dasarnya” di ayat 3b secara hurufiah berarti “menurut natur kami” Terjemahan ini sangat tepat karena kata Yunani fusis memang berarti “natur” (Gal 4:8; 2Pet 1:4). Untuk menekankan kerusakan natur ini, Paulus memakai ungkapan “orang-orang yang harus dimurkai”, yang dalam teks aslinya berarti “anak-anak kemurkaan” (mayoritas versi Inggris “children of wrath”). Ungkapan “orang-orang durhaka” di ayat 2b juga turut mempertegas hal ini karena ungkapan itu dalam bahasa aslinya berarti “anak-anak ketidaktaatan”. Di pasal 4:17-19 Paulus menjelaskan berbagai aspek natur yang tercemar oleh dosa, yaitu pikiran, pengertian, hati, perasaan dan keinginan. Di Roma 3:10-18 Paulus menyebut akal budi, kerongkongan, lidah, bibir, mulut dan kaki.
3.                   Hidup benar dan melayani Tuhan dengan sungguh adalah bukti kita merespon anugerahNya (Ayat 8-10)
Dalam bagian kedua dalam teks ini, kita diingatkan bahwa keselamatan itu datangnya dari Allah dan pemberian itu bukan karena “kelayakan” atau “hasil karya” manusia. Dengan demikian tidak ada alas an bagi seseorang untuk mengklaim bahwa keselamatan yang ia miliki adalah salah satu kesuksesannya yang bisa dibanggakan. Jadi, apa yang ditentang oleh Paulus (ayat 9) bukan hanya doktrin Yahudi tentang keselamatan melalui perbuatan, tetapi juga bahwa dalam dosa manusia cenderung untuk memegahkan diri dan tidak memberikan kepada Allah apa yang seharusnya menjadi bagian kemuliaanNya. Maka, sebagai orang yang sudah diselamatkan kita perlu senantiasa melakukan pekerjaan yang baik sebagai bukti dari buah keselamatan yang sudah kita peroleh.

REFLEKSI/APLIKASI :
1.                   Mengerti tentang prinsip anugerah sangatlah penting bagi orang percaya, karena banyak yang memandang anugerah ini sebelah mata, banyak yang meremehkan bahkan menghina anugerah tersebut, sehingga orang dunia mengatakan jadi orang Kristen enak karena bisa berbuat dosa semaunya, karena menganggap keselamatan adalah anugerah.
Allah melihat manusia dalam keadaan mati oleh dosa dan tidak berpengharapan. Inilah yang mendorongNya mengasihi dengan kasih yang terbesar di luar kemampuan yang dapat manusia bayangkan. Anugerah Allah adalah sesuatu yang tidak layak kita terima, karena pada dasarnya kita “…adalah orang-orang yang harus dimurkai, sama seperti mereka yang lain.” (Efesus 2:3b). Di satu sisi kita adalah orang yang harus binasa di bawah murka Allah, namun di sisi yang lain Allah, sesuai dengan kasih dan rahmatNya, mengharuskan Yesus menyelamatkan kita. Ini merupakan bukti kasih dan tindakan pertolongan Allah kepada kita. Jika menyadari ini, seharusnya hidup kita dipenuhi ucapan syukur dan tekad melayani Tuhan dengan segenap hati, tidak lagi main-main dan kompromi dengan dosa, karena anugerah yang Tuhan berikan sungguh teramat mahal, “…bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas, melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.” (1 Petrus 1:18-19). Anugerah itu adalah ungkapan cinta kasih yang tiada bandingnya di seluruh dunia. Kalau kita sadar semua yang ada pada kita adalah karena anugerahNya, betapa saleh kita seharusnya hidup di dunia ini.
2.                   Paulus mengajak kita mengingat kembali keadaan kita sebelum mengenal Kristus: kita hidup dalam dosa, mengikuti jalan dunia dengan roh-roh jahat yang menguasainya, mengikuti hawa nafsu dan pikiran yang jahat.  Dengan cara hidup seperti itu hanyalah murka Allah yang pantas bagi kita.  Namun, alih-alih melampiaskan murka-Nya, Allah justru menunjukkan kasih karunia-Nya kepada kita.  Kita yang dahulu mati karena dosa-dosa kita kini dibangkitkan bersama Kristus.  Artinya, kita tidak lagi tunduk terhadap kuasa dosa yang mematikan itu.  Di dalam Kristus kita bahkan menerima kebaikan Allah yang melimpah-limpah di dalam hidup kita.  Sungguh sebuah anugerah yang tiada terukur! Sekarang, setelah menerima anugerah yang melimpah itu, perubahan apa yang terjadi dalam hidup kita sehari-hari?  Allah telah memberikan hidup baru bagi kita, yaitu hidup yang harus kita gunakan untuk ikut pekerjaan baik yang telah dipersiapkan Allah sebelumnya.  Hidup dalam rencana Allah, itulah kualitas hidup yang pantas kita persembahkan untuk mensyukuri anugerah-Nya.
3.                   Melakukan Pekerjaan Baik adalah hakekat kehidupan sebagai orang yang sudah diselamatkan. Melakukan Pekerjaan Baik juga merupakan tanggapan yang layak kepada Allah yang sudah menciptakan kita. Dan, melakukan pekerjaan baik merupakan suatu ketaatan kepada kehendak atau arah yang telah ditetapkan oleh Allah. Amin.

Labuanbisuk, Maret 2012

Pdt. Harapan Nainggolan, M.Min.,M.Th.
Pendeta Non-Struktural di Resort Jakarta II