Di sada huta na so unjung dibege pingol goarna adong ma sada bagas na martarup ijuk. Bagas i holang sian bagas na asing. Suang songon naung tarbuang do bagas i idaon angke alamanna I ma songon gasgas na poso. Tolu halak do dakdanak dadaboru na so marina di si. Siangkaan goarna si rumondang, panggodangna tar jarajara ma i muda ni partundoskon tu manuk. Na paduahon margoar si Riris, panggodang ni i hirahira manuk na langkalangka indalu. Na ummenekna i si Mutiha na ha bekbekanna mangatai songon pidong antarias di sangkarna.
Amang ni halahi mate di tampul halak hatiha manjago tobat borngin. Bidang ni tobat ni halahi i andok ni ama ni Marpulihodong i na sa bolak ni dano marsabut ma. Anggo inang ni halahi mate tinggang do hatiha mulak sian pancur. Dompak ni ngolu ni simatobang ni halahi, tardok paradongan ma halahi. Amang dohot inang ni halahi na ringgas do karejo dompak di ngoluna. Songon na masa on tar songon anggota ni Operasi Maduma amang ni halahi i.
Dung mate simatobang ni halahi, uda ni halahi doma manghalumang halahi. Tai rupa hum na giot mambuat arta i do udana i. Ujungna disuru ma halahi mangulahi tu bagas ni halahi dung sun dihorussa artana i.
Jotjot do daganak na tolu i mangkihili urat ni lalat na nibolgang gabe daon rapar ni halahi baen hurang sidabuan. Koum sisolkot, ulang benidok dongan sahuta nadong na ra mangantureskon halahi. Di na sakotu dompak mardahan si Rumondang dibege ia ma rap tangis angginia i. Mambege i humalumpat ma ia mandapotkonsa. “Mahua hamu anggi nangkin, bia lakna baen na tangis hamu. Dia na hatcit anggi, adong he male hamu tonkinna i mangan ma hita da anggi. Hum simarata doma na so lampot”, ningia mangapoisa. Tai jaru pe songon i tong do didatdati angginia i na tangis.
Dung lolot dielek ia anginia i, ro ma si Riris mandok, “Sugari mangolu amanta sanga inanta angkang, nahe ma ditabusi na bajunai pakeon tu ari pesta songon na niobanna na dongan na sian poken nagkin.
Dipaboa halahi nangkin tu hai hape na haduan ma ari pesta, sorang ma Jesus di gareja ningi halahi. Pajojorkon ma halahi, hape hai na pajojorkon baen na so marama so marina hita”, ningi angginia i tangis beutbeut muncungna i.
Mambege dangol ni hita ni angginia i, manyikur songon na niapus ni begu ma pangkilalaannia, songon na so jongjong di lante be pangarasaannia mambege hata ni angginia i, tai di papir ia rohania lalu marhosa ginjang mandok “O Tuhanku !” Ditatap ia tu ginjang anso ulang jabat diida angginia i na marobak ilunia.
“Sobar hita anggi, bia baenon ma songonon on jolo siak ni paruntunganta. Dijaorkon amanta dohot inanta do hita anso sonang halahi modom di huta balianan, ulang be tangis hamu anggi. Muda dumpang hatihana dapot hita do bajumunu, asal ma tapupu na martangiang. Anggo hara ni pesta i dehe anggi, haru so dohot pe hita tusi diboto Jesus na sorang na nidokmunu i do i” ningia songon na posposkon roha ni angginia i.
Di na modom borngin i umpe sampeldep mata ni si Rumondang dapotan. Lingolingoan ia di hata ni anggiania i namandok “sugari mangolu amanta ma ditabusi ia bajunai. Haduan ari pesta ma… sorang ma Jesus di gareja” ninna. Hara ni hatcitna pangkilalaannia jabat do marbosar matania na tangis borngin i. Mapola jabat disarsari ia salendangnia giot panyingkotannia. Untung do manaili ia tu bohi ni angginia na lebaklebak modom i mambaen marulak pangarohania. Baen marsak dilala ia gabe tarpaida ma disia amang dohot inangnia i ro mandapotkon ia.
“Amang inang hatcitna ooonn !” ningia mangangguk mambaen tarsunggul angginia na dua i.” Didia amang, didia inang angkaaaang !” ningia halahi mangambur mangaranggutkon si Rumondang di tonga borngin i. dihatiha na manyampiar i angginia i, ompot ma mago simatobangnia i.
Dapot manyogotna i dung simpul mangan, por ma roha ni si Mutiha mangaligi gambar ni Tuhan Jesus na sangkot di dorpi i. didokkon ia ma si Riris mambuatna. Dung dapot gambar i rap ma halahi mangaligisa. Tubu ma diroha ni halahi giot paiaskon kaco ni gambar i, tai harupe dipaias halahi sian duru laing holom do kacona i, dipio halahi ma si Rumondang paboahon na so ra ias kaco ni gambar i.
“Angkon dibuka doda anggi kaco na on anso tarpaias sian bagasan muda na giot torang gambar i idaon” ningia lalu mangumpati pakuna i sian pudi, dung tabuka karotes na hapal (karton) langkop ni kaco na sian pudi i, jesss ninna madabu ma sada karotes na bontar marlompit opat tu ampuan ni si Rumondang. Dijomput jana dipamanat ia karotes i hape surat ni amangnia i do dijaha ia.
Isi ni surat i mandok , “Hudon Loyang inganan ni hepeng dohot barang sere i di bara hambeng i do hutanom di toru ni tiang parsiambirang di taruma i” ninna. Humitir bohi ni si Rumondang manjahasa lalu mondok, “Ma indon inboan Jesus tongosan ni amanta dohot inanta naung mate i sibaenon tu ari pestanta ”ningia tu angginia i marsuapsuap ilu. Ujungna rap marsihaolan marsiummaan halahi na tolu rap tangis pasombu lungun haru pe hurang mangarti angginia i di astuan ni hatania i.
Dung sidung dipaias halahi gambar i, disangkotkon halahi mangulahi tu ingananna hian. Dung rap mundur ma halahi na tolu mundukunduk masuk tu bara ni hambeng i manghuraki tano na donok tu tiang sangon na nidok ni surat i ma. Marnida i mangulahi ma rap tangis halahi di bara ni hambeng i hara ni jop ni rohana.
Isi ni hudon Loyang i hepeng karotes na sasibangke ma godangnna nirahutan dohot bonang manalu, tamba ni i barang sere dihalahi, lobi sian na patut pakeon ni halahi muda tu bagasna halahi museng.
Dapot ari pesta kehe ma halahi tu gareja iabo pe so dohot halahi pajojorkon. Na ditanda halak be halahi baen ma rap bujing be halahi. Pandita i ma parjolo mangkulingkon halahi dung sun sude nibagi lampet tu na torop dohot silua tu angka na mabalu.
“Hamu borungku na tolu ancogot noma nipatupa silua tu hamu baen nada adong be na lobi borngin on. Pos ma rohamunu inang” ningi pandita i tu halahi lalu manetekkon iluna mayolsoli rohana na so marningot daganak na tolu simanjujung na tinggal menek na so diingotnia i.
“Ulang pola marsak pandita i manyarihon hami. Ma hai jagit natuari tongosan ni amang dohot inang naung mate i dioban Jesus” ninna si Rumondang manatap mata ni pandita i.
Mambege hata ni si Rumondang i songon na diiris ma ateate ni pandita i dilalaia lalu bukbak iluna mangido sala anso mardame halahi baen borngin dame do ninna pandita i borngin i.
“Dame do rohanami panditanami. Tutu do na hudokkon i, madung hami jagit tongosan ni damang dohot dainang naung mate i dioban Jesus” ningia lalu paboahon na masa i tu halahi.
Mambege barita ni si Rumondang i sude na mambege marsiapus iluna boti marsitompuk andorana baen na so diantureskon ni halahi jolo na tolu tompaan ni Tuhan na marsiak bagi i salolotna on. Ujungna sude na saparlagutan i manjalang halahi na tolu. Tai bope songon i Selamat Ari Pesta ma di hita sude.
Ragam do na masa di huria ni halak Kristen. Rap taida do na masa on asa gabe songon na heput do roha mamikirkonna. Deba ragamna na ni ida. I ma na tangkas otok-otik noma parminggu di ganop minggu, na gailna dope nang ari-ari pesta godang pe laing miduk do na so ro tu gareja marsibaen angka parkarejoanna kandiri ima na masa di huta Tonga.
Hatiha dung salpu manyabi, dung muli sude na eme tu huta, marrapot ma angka pangula/majelis anso dipatupa parlagutan i Pesta Gotilon dalan laho marjop ni roha anso rap ro na sahuta i tu gareja, di patupa do parmanganon. Dung dapot hatihana umpe sapartolu pe ruas i na ro tu Pesta Gotilon i. Haru i pe laing miduk do na so ro alias malas ro tu gareja.
Parhatian na asing muse di bahat gareja na ni ida bagian ama, bahat do na tu kode laho mambahas naso pola porlu. Adong na kehe mardalani na so pola binoto tujuanna. Na deba nari nahurang sehat/magis ma tongtong muda ari Minggu. Adong muse mandok natabo pangula i marjamita na binoto astuanna. Bahat ma angka alasan ni ruas i umbaen na so ro tu gareja.
Tamba ni i muse sai masa do hata-hata di huria, parhata metmet na hebat pangaruh na tu hamajuon di huria. Maol situtu do paturehon huria si songon on, kadang-kadang ma tertular panyakit on tu parhalado i sandiri, gabe malas ia padalankon tugasna. Tapi sai adong do na bisa usaha taringot tu keadaan on.
Sada hatiha dung solpu parminguon dibaen ma rapot ni Parhobas ni Parlagutan/huria, mangarapotkon bia cara na anso ro pangisi ni huta i tu Gareja. Marsiaben angka usulna ma parhobas i, Pandita/Guru Parlagutan/Sintua i mamikirhon dia noma sibaenonta di huria on. Sude usul i, usul nasomal talaksanahon do ima pangelek-elehon madung, tatopoti ganup bagas madung, pesta pe madungning pandita i, dia noma tapadalan….? Marap hohom be marpikir, tep ninna mangkatai ma sintua Galia. “Bia muda songon on amang Pandita ! Tabaen ma jolo sada sandiwara tarbuka, marbadai hita di hutaon di ari minggu torus marsikojaran dohot Pandita i! Pas situtu usul ni sintua anso jebu jolo angka ruas i.
Tarsusun ma strategi parbadaan on marsitutu…
Di ari minggu on tapaida ma parruar ni ruas sian bagas. Hita Sintua marhobas ma marlojong songon na giot marsibunuan, deba ma dongan ni Pandita, deba ma na mangkojar, adong muse na panonga-nonga i. Tiop be ma podang sanga na hujur dohot gupak bope umban-umban sanga soban.
Dung dapot ari Minggu jam 10 manyogot diparnaek ni mata ni ari i, sian alaman ni gareja i gaor ma sintua-sintua manyintak podang, di kojar halahi pandita huhut marsurak sagogona nada husobarkon, jago…, tangkup tolonan i, angkon bunuon i….., nada husobarkan….ninna.
Songon i ma dibolus halahi ma angka tonga ni huta i marsurahi gogo sajo songon na giot marsimatean, longang na sahuta gabe jebu sajo ma na sahuta/huria laho manyitopi/manolai parbadaan i. Jolma na di kode pe gabe rukkar, na di bagasan bagas pe gabe haruar na dipancur pe ruar, na ditonga alaman pe humalaput.
Nada haoraan leng gaor songon i mur gumalaput nasa huta i mangorai, asa muli donok ma tu gareja madung rame situtu hatiha i. Masuk ma deba sintua tu gareja lalu mandok “tore dibagasan ma marsipatorangan anso tangkas be” asa mangihut ruas deba pangisi ni huta i. Masuk muse Pandita asa mangihut ma ruas deba na i. Pendek carito bubung ma gareja, hatiha i Pandita do dilambung pintu i. Madung dipangido halak sinjata na di tiop nia. Ditutup sintua i ma pintu ni gareja ma mungka ma Pandita marjamita. Parjolo hata-hata parhutaon ma hata na giot padame na marbada on, dung i muse hata-hata huria jana lalu ma tu turpuk JAMITA sadari i. Bia do pe baenon tarhalodang sude na di bagasan gareja i, deba tiop anduk na deba nari tiop sabun, adong na maniop ember, adong na maniop hail/pamaoran, adong na marsalaor pendek, adong na marabit lopes/ angka ina hum namarabit dohot obuk najuga-jage dope nanggo marsolop so sanga, nada adong na marbaju na jeges di hatiha i.
Dung sidung tangiang panutup, mangkuling ma na tartobang mandok hata, anggo nada hara ni na marbada sintua i dohot pandita i nangkan na masuk hita tu garejaon, hape namarbada do amanta parhobas dohot angka pangalahonta, dohot on ma hami mandok tarimakasi tu angka parhobas na manyungguli hami ro tu gareja manyomba Tuhan. Adong dope muse di huria i na parhata mandok hatana ari namarsejarah ma ari on di hita nasa huria on. Ari na denggan ma on. Ari na gabe pasu-pasu ma di hita. Dohot sian rohangku ma mandok pestahononta ma ari on. Anso tangkas au ma panitia manghasuhutkon pesta sadarion dohot di angka dongan na rela manghagodangkon na masa on. Bahat do na satuju asa pesta halahi torus di na sadari i. Tu ari na mangihut tu minggu na mangihut gabe sai marminggu ma na sahuria on.
Tagoar ma = Parhobas na berhasil.
Sipikirhononta : Ulang tapasombu angka na malas. Dia ma usaha bahenonta pature Huria i/pParlagutan i anso jop rohana rot u Gareja laho mamuji Tuhan…?
Peranan misi dan gereja merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan di mana panggilan gereja lokal untuk misi sangat jelas di Alkitab. Untuk itu penting untuk mengarahkan gereja tradisi menjadi gereja misioner.
Sangatlah penting gereja menjadi gereja yang misioner guna mengemban amanat agung Yesus Kristus ke seluruh dunia.
Ada lima misi yang diemban oleh gereja,yakni: (a) ibadah/penyembahan; (b) pemuridan; (c)Persektuuan (fellowship) antar umat Kristiani; (d) diakonia/pelayanan, dan (e) penginjilan. Gereja sebagai tubuh Kristus merupakan sarana untuk menjalankan misi Tuhan di dunia. Kelima elemen misi gereja tersebut harusnya dapat bersinergi dan menjadikan Kristus sebagai kepala dengan tujuan untuk melaksanakan amanat Tuhan sebagaimana tertulis dalam Yohanes 3:16,”Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”
Dalam penyampaian pesan Injil ke seluruh dunia, terdapat beberapa hambatan yang dapat menghalangi Injil untuk sampai ke seluruh dunia, hal ini seringkali disebabkan oleh keterbatasan wawasan dan salah pemahaman dalam diri pemimpin gereja itu sendiri.Selain itu tidak jarang sebuah gereja hanya memilki kualitas yang memadai tentang misi sehingga tidak memiliki kejelasan arah dalam mengemban misi gereja. Hal ini sangat membahayakan sebuah gereja.“Banyak gereja-gereja yang besar dan hebat tetapi gembalanya tidak memiliki arah misi yang jelas.”
Pondasi dari gereja adalah hati Tuhan, pengorbanan Yesus. Gembala harus tahu ini pertama kali. Akan tetapi seringkali pelayan Tuhan fokusnya hanya melihat tugasnya sebagai profesi semata.Banyak umat Kristiani memiliki anggapan yang salah tentang misi bahwa persoalan misi adalah tanggungjawab pendeta dan misionaris.
Ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam pelayanan misi, yakni:(a) memuliakan Tuhan; (b) memperlengkapi jemaat, dan (c) memberitakan Injil sampai ke seluruh bumi.
Salah satu negara di Asia yang banyak mengirimkan misionaris ke berbagai negara adalah Korea di mana pada tahun 2000 telah mengirim sekitar 120 ribu misionaris yang tersebar di 150 negara. Sedangkan negara barat sekitar 168 ribu misionaris. Sementara Indonesia dinilai banyak memiliki potensi dalam hal misi, namun arah perkembangan misinya lebih mengarah ke internal gereja sendiri.
Beberapa hal yang menjadi penyebab gereja tradisi tidak berubah menjadi gereja misioner adalahpertama, karena para gembala lebih memilih untuk mengikuti apa yang menjadi keinginan jemaat daripada keinginan Tuhan. Yang kedua adalah ketika rasa belas kasihan (compassion) tidak lagi ada sehingga menjadi serupa dengan dunia.
Alasan ketiga mengapa gereja tradisi tidak dapat berubah menjadi gereja misioner karena gereja seringkali hanya terlalu disibukkan oleh masalah-masalah internal saja, dan yang keempat gereja seringkali hanya membuat banyak rencana tetapi lambat dalam melaksanakannya.
Ada gereja yang terlalu tua dan lebih mempertahankan tradisi bukannya kebenaran. Dan ada gereja yang terlalu membatasi misi berdasarkan geografis., dan ada yang tidak mau mendengarkan suara utusan Tuhan.Hal yang paling penting untuk mengubah gereja tradisi menjadi gereja misioner adalah motivasi awal untuk persiapan awal menjadi gereja misioner. Umat Kristiani tidak boleh kehilangan semangat jiwa misionaris dan melayani jiwa-jiwa dan menjadi saluran berkat Tuhan. Ini adalah salah satu dasar dari misi, serta jangan melupakan bahwa kualitas kasih Allah selalu menuntut pengorbanan kita.
Pekerjaan misi adalah sepenuhnya pekerjaan dari Roh Kudus dan dalam pelaksanaannya memuntut kita untuk masuk di dalam misi itu sendiri dan bukan hanya diluarnya saja.
Pada dasarnya pelayanan misi dilakukan mencakup dua macam, yakni memberitakan Injil dan pelayanan sosial, dan dalam melakukan pelayanan sosial jangan melupakan hal yang paling penting yakni memberitakan Injil. Pemberitaan Injil ditujukan kepada dua macam orang yakni pertama, orang yang mendengar lalu percaya dan kedua kepada orang yang tidak percaya.Gereja harus menjadi gereja Alkitabiah untuk dapat menjadi gereja misioner.
Pada tahun 2011, GKPA akan merayakan 150 tahun masuknya Injil ke daerah Angkola. Kehadiran Injil ini karena adanya misi gereja yang hidup dari Belanda, Jerman, Inggris. Misi gereja itu menjangkau jiwa-jiwa yang butuh dan haus akan kebenaran firman Tuhan. Jika GKPA telah menikmati anugerah keselamatan itu selama 150 tahun ini, maka seharusnya GKPA mampu menyalurkan dan meneruskan pekerjaan misi gereja itu kepada orang, suku, bangsa yang belum mengenal Injil keselamatan ini.
Dalam rangka meresponi keinginan menginjili ini, GKPA telah mengangkat pelayan pendeta Zending di GKPA. Pendeta Zending GKPA ini merupakan sebuah gerakan misi GKPA dalam rangka menjangkau jiwa-jiwa yang haus akan kebenaran firman Tuhan dan membawa mereka kepada kebenaran dan kepada keselamatan yang kekal itu.
Sebenarnya masih ada daerah di nusantara ini yang membutuhkan pelayanan yang sungguh dari gereja. Misalnya saja suku Kubu di Sumatera Selatan. Katakan saja sebuah desa yang bernama Tanjung Harapan, di tepi aliran Sungai Rupit, pedalaman Rimba Rupit, Sumatera Selatan. Di sebuah pemukiman berdiri SD Tanjung Harapan, bangunannya berdinding papan dan cuma punya satu ruang kelas. Ini adalah sekolah bagi anak-anak Suku Anak Dalam, atau yang dikenal dengan Suku Kubu.
Di antara ilalang yang tumbuh hampir setinggi orang dewasa, tampak seorang perempuan muda berkulit cokelat, ia melambaikan tangan sambil tersenyum lebar. Ia adalah Leorince, guru SD yang sudah mengajar lima tahun di sini. Rince tinggal di sebuah rumah kecil sederhana berdinding papan, dengan lantai semen bercampur tanah. Ia bilang kalau malam harus hati-hati, karena ular dan binatang lain suka masuk ke dalam rumah.
Rince berkisah ikhwal kedatangannya di Tanjung Harapan. Saat itu Februari 1998, lulusan Diploma Pendidikan Guru SD PESAT ini tiba di sini. Ia mendapati sekelompok besar keluarga-keluarga Kubu, yang tinggal di rumah-rumah sangat sederhana. Kondisi mereka sangat tidak baik. “Mereka tidak peduli dengan kesehatan tubuh, kuku tangan dan rambut mereka sangat kotor, begitu pula pakaiannya, dan jangan tanya soal baca tulis,” cerita Leorince. Bahkan waktu itu hukum rimba masih berlaku di sini.
Tahun pertama di Suku Kubu adalah masa yang sulit. Tidak mudah untuk mengubah pola pikir dan kebiasaan orangtua maupun anak-anak mereka, kisahnya. Namun kerja keras dan pertolongan Tuhan, akhirnya membuahkan hasil. Ketika satu demi satu anak datang ke dalam kelas. Waktu berlalu dan perlahan-lahan mereka mulai paham banyak hal tentang ilmu pengetahuan, membaca, menulis, berhitung, cara hidup yang sehat, dll. “Mereka sangat rajin datang ke sekolah berjalan beriringan dan bangga dengan seragam sekolah yang dipakai, aku pun selalu terharu melihatnya,” ucap Rince.
Masalah nampaknya masih tetap ada, dan hal ini menyangkut masalah perut. Ruang kelas akan segera menjadi kosong, tanpa seorang murid pun yang tinggal saat musim buah tiba. Mereka segera pergi untuk memanen buah-buahan hutan, dan itu bisa berminggu-minggu lamanya. “Tapi mereka akan kembali lagi ke sekolah saat musim panen usai,” Rince tersenyum.
Namun waktu jualah yang menjawab semuanya. Beberapa anak akhirnya berhasil menamatkan pendidikan SD mereka. “Mereka yang tamat diberikan surat rekomendasi untuk dapat melanjutkan ke SMP,” katanya. Sayangnya hanya beberapa anak saja yang lanjut sekolah, karena SMP-nya berada di kota, dan sangat jauh dari hutan tempat mereka tinggal.
Kisah ini merupakan salah satu contoh dari wujud misi gereja yang perlu kita sentuh saat ini. Jika orang Angkola dahulu dilawat Tuhan melalui orang Jerman, Belanda dan lain sebagainya, mengapa kita sekarang tidak mampu menjangkau suku dayak, suku kubu, suku-suku lain agar mereka memperoleh keselematan kekal itu.
Kini saatnya GKPA bermisi! Bermisi melebarkan Kerajaan Allah melalui organisasi GKPA untuk menjangkau jiwa-jiwa yang membutuhkan keselamatan yang kekal itu. Semoga
* Penulis adalah seorang yang sedang melayani di Kantor Pusat GKPA
Misi adalah sebuah aksi dari sebuah organisasi atau perseorangan untuk mewujudnyatakan visi yang dipegangnya. Sebuah gereja pasti memiliki visi dan misi. Pekerjaan misi ini sudah tua dan lama digumuli oleh gereja. Namun terkadang gereja bisa lupa dan tidak melakukan misinya lagi di dunia ini. Ada gereja yang merasa sudah nyaman dengan keberadaannya sekarang sehingga tidak tertantang lagi untuk melakukan tugas misi ke tengah-tengah warga, dunia sekitarnya lagi.
Kristus tidak pernah memanggil kita untuk duduk tenang menikmati keselamatan kita, tetapi Dia memerintahkan "... supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib" (1Ptr. 2:9).
MISI GEREJA MASA KINI
Gereja yang hidup adalah gereja yang bermisi, gereja yang dengan sungguh-sungguh dan setia mencoba menjalankan setiap aspek kebenaran firman Tuhan di dalam kesehariannya. Memang itu bukan hal yang gampang, tetapi bukan tidak mungkin dicapai dan dilakukan. Pasti ada konflik dan pertentangan yang akan terjadi, tetapi kalau kita semua mau setia dan tunduk diri di bawah kebenaran firman Tuhan dan bersama-sama menjalankannya, niscaya pertentangan itu dapat diselesaikan bersama-sama.
Dalam bagian ini, kita tidak akan menyoroti tentang kehidupan gereja secara keseluruhan, tetapi lebih mengamati kepada misi yang harus dilakukan oleh gereja.
HAKIKAT DAN DEFINISI MISI
David W. Ellis dalam bukunya, "Gumulan Misi Masa Kini", memberikan suatu definisi misi sebagai berikut: Misi adalah panggilan yang tritunggal untuk menyatakan Kristus kepada dunia dengan jalan proklamasi, kesaksian, dan pelayanan supaya dengan kuasa Roh Kudus, Allah, dan firman-Nya, manusia dibebaskan dari egoisme dan dosanya dan dengan tindakan Allah dilahirkan kembali sebagai anak-anak Allah dengan jalan percaya akan Dia melalui Yesus Kristus, yang diterimanya sebagai Juru Selamat pribadinnya, dan dilayaninya sebagai Tuhannya dalam persekutuan tubuh-Nya, yaitu gereja, untuk kemudian menyatakan Dia kepada dunia.
Definisi ini tampaknya sudah merupakan definisi yang sederhana, ringkas, tetapi juga padat. Di dalam definisi ini sudah tercakup hal-hal yang tergolong sebagai tindakan misi, yaitu:
1.Proklamasi (gereja terpanggil untuk memproklamirkan Kristus kepada dunia).
2.Kesaksian (gereja terpanggil untuk hidup seperti Kristus di dunia dengan kesalehan dan keesaan-Nya), dan
3.Pelayanan (gereja terpanggil untuk melayani dan menjalani aksi-aksi sosial dengan kasih Kristus bagi dunia).
APA SEBENARNYA HAKIKAT MISI?
Misi adalah manifestasi Kristus kepada dunia. Kristus datang memproklamasikan fiman Allah, hidup Kristus, bahkan Kristus sendiri adalah firman Allah yang diproklamasikan. Pelayanan Kristus merupakan ungkapan firman dalam tindakan sosial yang aktif. Perhatikan ayat yang dipilih Tuhan Yesus dalam permulaan pelayanan-Nya, yaitu ayat dari Kitab Yesaya, "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik ... dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan ..." (Lukas 4:16-17).
Bagaimana bentuk-bentuk konflik yang dapat terjadi dalam misi?
Terlalu mementingkan soal kesaksian dan pelayanan.
Kompromi teologi.
Terlalu menekankan aksi sosial.
Penekanan perbaikan kehidupan tanpa penebusan.
Bentuk-bentuk di atas adalah serangan-serangan yang dilakukan secara tidak langsung pada dasar misi.
Serangan langsung terhadap kewibawaan firman Tuhan.
Ini adalah bentuk serangan yang paling populer dan tampaknya menjadi suatu kecenderungan yang terjadi di gereja-gereja Tuhan masa kini. Bentuk serangan ini, antara lain:
a.Memberikan kesibukan dalam tugas kependetaan.
b.Mengabaikan pentingnya pekabaran Injil (PI). Iblis berusaha menentang proklamasi Injil di dunia modern. Mereka "menghaluskan" tugas mengabarkan Injil dengan perkataan bahwa "gereja memang harus hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai saksi, tetapi tidak perlu terang-terangan. Itu cukup dilakukan dengan cara gereja menyatakan bahwa gereja hadir di tengah-tengah masyarakat". Cara lain yang dipakai adalah dengan mengutamakan toleransi di atas segala sesuatu. Cara lainnya lagi adalah dengan menampilkan suatu bentuk ajaran (atau dapat juga praktik kehidupan) kristiani tanpa Kristus. Cara yang terakhir ini sesungguhnya adalah upaya gereja untuk menawarkan garam dan menutupi terangnya sendiri. Tapi sayangnya orang-orang yang demikian akan begitu disanjung dan dihormati di gereja karena merekalah yang dianggap sebagai orang yang "bijaksana" dan "juru damai". Tetapi kita tidak boleh ditipu dengan cara-cara iblis yang demikian. Kita tidak boleh mengganti Mesias yang tersalib dan menderita karena kasih dengan mesias-mesias palsu yang mengobral kasih murahan. Kita harus lebih takut pada Allah yang sudah memberikan kasih sejati di atas Bukit Golgota melalui karya Kristus di salib.
Berita Injil tanpa salib.
Bentuk serangan iblis di zaman modern ini adalah pemberitaan Injil tanpa salib. Yang ada hanyalah sukacita, kemakmuran, kepuasan, kesenangan diri, pemenuhan hawa nafsu, dan berbagai ajaran yang menghujat Allah Tritunggal. Kita harus ingat bahwa salib adalah kemenangan Allah. Karena itu sangat mustahil jika ada orang Kristen yang mengaku dapat hidup berkemenangan tanpa Salib, karena "... di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa" (Yohanes 15:5).
Yang kita beritakan adalah Kristus yang disalibkan, dan "pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohoan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuataan Allah" (1 Korintus 1:18).
2.Serangan terhadap pelayanan firman Tuhan di dalam gereja. "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman, siapakah yang membangkitkan amarah Allah, sekalipun mereka mendengar suara-Nya? Bukankah mereka semua yang keluar dari Mesir di bawah pimpinan Musa? Dan siapakah yang Ia murkai empat puluh tahun lamanya? Bukankah mereka yang berbuat dosa dan mayatnya bergelimpangan di padang gurun? Dan siapakah yang telah Ia sumpahi, bahwa mereka tidak akan masuk ke tempat perhentian-Nya? Bukankah mereka yang tidak taat? Demikianlah kita, bahwa mereka yang tidak dapat masuk oleh karena ketidakpercayaan mereka" (Ibrani 3:15-19).
Marilah bermisi demi kejayaan Kerajaan Tuhan di dunia ini. Khususnya dalam rangka mengenang 150th kekristenan di luat Angkola. Apakah yang bisa kita lakukan dalam rangka merevitalisasi penginjilan bagi orang Angkola, bagi daerah Angkola dan suku lainnya yang ada di daerah kita masing-masing.