Selasa, 02 Agustus 2011

Jamita Minggu, 28 Agustus 2011: Johannes 2 : 13-22

widgeo.net
Bagas partangiangan do Bagasku,
unang baen inganan ni Panyamun


HATORANGAN NI JAMITA

MINGGU 10 DUNG TRINITATIS 
MINGGU, 28 AGUSTUS 2011

Jamita : Johannes 2 : 13-22    
Sibasaon : Rom 11 : 25-32

Di na ro Jesus tu Jerusalem laho mandohoti ari rayo Paskah, ima sada ari rayo na godang di halak Jahudi. Masuk ma Ia tu  bagas joro ni Debata (sinagoge), di si di ida Jesus ma angka panggadis lombu, biri-biri, dohot darapati. Adong dope halak na khusus panukar-nukarkon hepeng.  Dung i, songon hilap na tompu di buat Jesus ma tali jala dipudun dung i muruk ma ia, jana di usir Jesus ma halak i, di partungkapkon ma meja ni angka si panukar hepeng. Apala aha do namasa benna pola songon i muruk ni Jesus? Jana biasi pola sude kitab Injil (Matius, Markus, Lukas, Johanes) manyuratkon kejadian on?
           
Ia taringot pesta Paksah ni halak Jahudi, ima pesta namanaringoti halulua ni halak Israel sian parhatobanon di Mesir, di pesta on sude do halak marsipelehon angka pelean si tutungon marhite-hite kemampuanna be, mulai ma i sian lombu di angka na kayo, biri-biri, jana darapati pelean ni angka napogos. Hara ni dao ni inganan na be, adong do na paradehon angka sipelehonon di alaman ni si nagoge i. Dohot ondolan na, ulang repot jolma mamboan pelean situtungon sian inganan na be.
           
Di sada sisi manolong do idaon parkarejoan i, harana, marhite adong panggadis pelean di bagas joro, indapola repot be halak manogu-nogu lombu, hambeng, sian na dao (harana bahat do jolma naro tu Jerusalem, pola do mar pulu kilometer dao na sian hutana tu Jerusalem). Jana apala aha do na gabe sala, bahat ni angka pahan-pahanan na gabe manggangu hahomion ni angka na giot maribadat ido na sala? Bisa doi nian harana muda mangkuling  ma lombu, biri-biri, tontu tung mansai ribut doi, ditamba dope bangkos ni kotoran na, dohot angka na asing na i. Tapi inda pola holan i na mancalahon, na paling mancalahon  ima ulaon na i do, ima ulaon na denggan idaon hape geduk (didok di hata angkola tigor pulos). Aha ma i? Sipelehonon di paskah ima angka Lombu, biri-biri naso martihas, naso mapitung, inda tarsilpok dohot na asing, jana undenggan umurna sataon. Marhadomuan tu si, adong do dewan khusus pamareso (panyortir) sanga na tola do sanga inda di pelehon sada pelean. Molo dung lolos sian dewan i, gabe di dokma pelan i sah. Dewan sortir on, marhusip do dohot angka pedagang, molo na di boan sandiri do pelean i sian luar (inda ditabusi di sinagoge i) gabe so lolos do pelean i. Harani i bahat do halak terpaksa manabusi di sinagoge, hape arganape ra do opat kali lipat sian na diluar. Hata pendekna tarjadi do pemerasan di tonga-tonga ni bagas joro ni Debata i, tapi pemerasan i sai hira na badia do nian i daon, hape satutu na tung mansai hodar do.
           
Ulaon hageduhon paduahon ima, taringot tupajak. Bangso Jahudi na marumur 19 taon di honahon do pajak sabahat ½ sikel, sangape upa nihalak 1 ½ ari, salaho haporluan tu bagas joro. Holan hepeng sikel ni bagas joro do natola di pake molo hepeng na asing songon hepeng di Yunani na dipake ni bangso i tingki i inda bisa dipake laho mambayar pajak. Harani i bahat do halak maroban hepeng perak nabe laho ditukar tu sikel ni bagas joro. Adong do meja panukaran di bagas joro i tapi di setiap manukar hepeng di honahon ma biaya ¼ sikal. Hara ni i gabe tamba do pajak ni angka umat naro holan hara ni na manukar hepeng. Bahat do nian angka na ro mangkilala songon na dibeban i tapi inda bisa bertindak.
           
Marnida angka namasa i, muruk ma Jesus, di baen ma tali jana di paorot ia ma angka na martiga-tiga di si. Di balikkon ma meja inganan panukaran ni hepeng i. marninda i angka pamimpin ni Jahudi marsapa ma tu Jesus “Baen ma jolo tanda tu hami baen adong hakmu mambaen songon on!”
           
Ninna Jesus ma mangalusi “rupakkon hamu ma bagas ni Debata on, anso Hupajongjong mangulahi di bagasan tolu ari” dia dehe mungkin pajongjongkon Bagas ni Debata holan tolu ari, halak Jahudi sajo 46 taon ma lolotna laho pajongjong konsa. Jadi hara ni aha do benna pola songon i di dok Jesus? Sanga aha do na di dok Bagas Joro ni Debata?

Ditingki taon 960, di masa ni harajaon ni si salomo, di pajongjong ia ma bagas joro ni Debata marukuran 60 hasta (27 m) x 20 hasta (9 m) lante dohot dingdingna dibaen sian batu na martutup papan, hayu aras, na narlapis sere. Di taon 587 SM disegosego pasukan ni Nebukanesar rap dohot kota Jerusalem jala bangso i di boan tu Babel. Tapi dung mulak bangso i tu Jerusalem Tahun 539 SM, taon 537 di bangun halak Jahudi ma muse bagas joro i. tapi taon 167 Raja Antiokus IV Epifanes di hodari ia ma bagas joro i marhite patung ni angka parbegu dohot pelaan na sosuman (haram). Harani i adong ma pemberotakan ni si Matias ni di lanjutkon i anakna na margaor Judas Makabe, di taon 165 SM di urasi ma muse bagas joro i marhite pesta Hanukah (hari raya terang). Bagas joro i di padenggan muse salaho tu politik ni halak Gorik marhite Herodes agung antara ton 20-19 SM, di gabe parkarejo ima 1.000 imam di bantu 10.000 hatoban dohot 1.000 kareta. Tung mansai leleng situtu do anso sidung pembangunan na.

Marnida carrito tu pembangunan ni bisa di tarida hita alasan ni angka Uluan ni Jahudi i,  gabe sapa-sapa rohana bia ma pajongjongkon bagas joro ni Debata tolu ari, apalagi pajongjongkon holan sada halak. Memang harani angka hagaleon ni pamatang tar lumobi mai hurang pangantusion tarigot tu sakkap ni Debata, huhul gabe maol do mangantusi angka sangkap ni roha ni Debata, jotjot do holan mangaligi rumus ni portibi, hagogoon, dohot hamaloon ni portibi. Hape patar do na ni dok ni Jesus, pamatang na i do bagas joro na satutu na, harana, anggo bagasjoro na ni pajongjong ni jolma mapigapiga noli di rupakkon, dikotori jala leleng do laho paiaskon dohot mangurasina, tapi anggo pamatang ni Jesus dirupakkon hara ni hadosaaon ni jolma mingor jongjong do muse bagas joro i, marobaan hamuliaon dohot hahomion.

Honaanna
Marhite turpuk on giot di patorang di bagasan ngolu ni angka na porsaya di tingki on ima,

1. Muruk do Jesus marnida:
Jolma namambaen pangurupion tapi pangurupion i salaho marojahan tu haporluan ni pangurupi, inda tu na di urupi.  Memang maol do mambedahon on harana dia tarida hita he roha ni jolma, songon sigadis Pelean di bagas joro i do i, sangombas idaon tartolong do halak na ro harana inda pola repot be halahi, hape holong na marparbuat do na dibaen halahijadi di namangurupi halak na manghaporluhon di urupi ma halahi hombar tu holong na sintong inda holong na tigor pulos (idaon tigor hape adong maksud lain).

2. Muruk do jesus marnida:
Na mabaen habadiaan ni Debata laho tu haporluan na sandiri. Ra do masa songon on, antar dipargunahaon hata ni Tuhan, Jabatan gareja, bagas joro dohot angka na asing salaho alat gabe tu naringkot tu diri na sandiri. Memang ra do silap mata, silap roha marnida on, tapi marhite turpuk on dipaingot sude na hita ruas ni Tuhanta bahaso na so ni ida ni jolma angka hageduhon na tabaen di ida Jesus doi jana muruk do Jesus marnida i.  dibaen Ia do tali gabe loncing-loncing jala dipagogo soraNa laho mamuruki angka parkarejoan na ramun si songon i.

3. Gabe holip do pangantusion sian na didok ni Tuhan molo dung gabe talu haporsa-yaan di baen hagiot. Songon Pamimpin ni Jahudi na so bisa mangantusi na nidok ni Jesus holan harani marojahan tu pangantusion portibi taringot tu na mambangun bagas joro ni Debata. Songoni angka husip-husip taringot tu si humisik. Tapi molo gabe tabege hata ni Tuhan i jala tapadomu tu namasa siganop ari, tarsongon anak sisean namangatusi hatana (taringot tu bagas joro) dung ngot Jesus sian na mate. Songon ima ruas ni parlagutan i, gabe bisa do mangantusi na di dok ni Tuhan, di sude angka na masa dingoluna, gabe pamujion dingolutta mangadopi saluhut angka namasa.

4. Tapabadia ma patangta sian angka na ramun angke bagas joro ni Debata doi, ta urasi ma parkarejoanta sian angka na patujolohon hagiot ni hajolmaon angke tuk do Debata laho patupahon na so tarpikiri ni jolma.

5. Bagas partamiangan do pamatangkon, inda pahodaronku i dohot na no suman. Amen

Pdt H. Jona Marpaung, S.Th
STT Abdi Sabda Medan

Bacaan Minggu, 28 Agustus 2011: Rom 11: 25-32

widgeo.net
Minggu 10 Setelah Trinitatis, 28 Agustus 2011                                                                      Rom 11: 25-32

KEMURAHAN TUHAN ALLAH YANG MENYELAMATKAN! 



S
aulus menjadi orang Kristen. Itulah salah satu kenyataan dalam masa lampau seorang  Yahudi (Kis. 22:3),  mantan mahasiswa  Guru Besar Gamaliel (Kis. 22:3), warga Negara Roma (Kis. 16:37), kelahiran kota Tarsus (Kis. 21:39). Saulus ikut menyaksikan pembunuhan atas diri seorang Kristen Stefanus dan memperoleh persetujuan darinya, ikut melakukan tindak kekerasan terhadap jemaat di Yerusalem, melakukan penggeledahan ke rumah-rumah orang Kristen di sana serta menyeret laki-laki dan perempuan dari rumah mereka lalu dimaksukkan dalam penjara (Kis. 7:54 – Kis. 8:3).  Semangat untuk menumpas orang-orang Kristen semakin mendorong Saulus untuk mengancam dan membunuh tokoh-tokoh Kristen dan pengikut mereka. Berdasarkan  surat kuasa  yang dia terima dari Imam Besar Yahudi dia melanjutkan upayanya mengentikan gerakan kekristenan itu.  Ia menangkap orang-orang “yang mengkuti Jalan Tuhan” dan membawanya ke Yerusalem untuk diadili, supaya mereka kembali ke agama Yahudi (Kis. 9:1-3). Tuhan Allah menghentikan tindakan Saulus dengan cara Tuhan Allah sendiri, sehingga Saulus bertobat, kembali ke “Jalan Tuhan”  lalu dibaptis ke dalam nama Allah Bapa, Anak-Nya Yesus Kristus dan Roh Kudus (Kis. 9:3-19). Tuhan Yesus sendiri memperkenalkan diri-Nya kepada Saulus: ”Akulah Yesus yang kau aniaya itu” (ay. 5). Nama Saulus pun diubah menjadi Paulus.

1.        Rasul Paulus menjadi Penginjil dan Teolog Injili
Dia kini menjadi pemberita Injil tentang Yesus Kristus dengan satu pemahaman pasti apa arti dan makna Injil itu: “Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani. Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: ‘Orang benar akan hidup oleh iman.nama Yesus kepada saudara-saudaranya Yahudi dan juga kepada mereka yang bukan Yahudi’“(Rm. 1:16-17). Itulah teologia yang hidup dalam dirinya; seluruh tubuh, jiwa dan raga, pikiran, rasanya, perilaku  dan tindakannya  dipengaruhi oleh teologi operatifnya itu. Suatu teologi yang lahir dari pengalaman dan pergumulannya selama ini, baik saat dia menjadi pemuka Yahudi, sebagai penumpas orang Kristen dan kini menjadi pemberita Injil Yesus Kristus.
Banyak hal tentang imannya yang baru itu harus dia jelaskan baik kepada saudara-saudaranya Yahudi, atau kepada saudara-saudaranya Yahudi yang sudah menjadi Kristen, maupun kepada orang-orang Kristen dari bangsa-bangsa lain yang non-Yahudi. Dan salah satu issu yang hangat yang selalu dia temukan di kalangan Kristen non Yahudi ialah tentang kedudukan orang Yahudi yang menolak Injil tentang Yesus Kristus, bahkan memusuhi mereka yang bukan Yahudi. Nas Epistel dari Roma 11:25-32 telah merekam sebagian dari issu tersebut.

2.        Hanya karena kemurahan hati Allah sendiri! (Rm. 11:25-32) 
Rasul Paulus menulis dengan panjang lebar (Kis. 9-11) tentang kedudukan orang dan umat Israel sepanjang  sejarah perjumpaan Allah dengan leluhur mereka Abraham hingga masa kini Paulus. Bagi Paulus perjumpaan itu tetap sebagai “rahasia” (ay. 25) yang tak bakal dapat dimengerti sepenuhnya oleh siapa pun. Tetapi satu hal yang dapat dia pastikan ialah bahwa Tuhan Allah tetap peduli terhadap orang dan bangsa Yahudi. Tuhan Allah tetap siap untuk menerima mereka oleh karena kemurahan hatinya baik terhadap Yahudi maupun terhadap bangsa-bangsa lain.  Sebagai  orang Yahudi dari segi  jasmaniah (Rm. 9:1-3), dia sedih dan merasa rugi kalau kaumnya orang Yahudi tetap melanjutkan jalan mereka yang lama, yaitu mengandalkan kebolehan dan kesanggupan mereka melakukan kehendak Allah melalui aturan-aturan lama khususnya Hukum Taurat Musa. Mereka masih mencari jalan kepada Tuhan Allah perbuatan-perbuatan sendiri; mereka seolah-olah ingin menimbun modal di kas Tuhan Allah sebagai jaminan keselamatan mereka. Mereka mengejar “kebenaran” dengan “perbuatan” dan bukan dengan “iman” (Rm. 9:32). Yang dirindukan oleh Paulus dari kaumnya Israel ialah supaya “kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan” (Rm. 10:9-10). Dan jalan apa yang telah ditempuh oleh bangsa-bangsa lain? Mereka menempuh jalan iman, artinya “tidak mengejar kebenaran (tetapi)  telah beroleh kebenaran, yaitu kebenaran karena iman” (Rm. 9:30).
Kedatangan Yesus Kristus ditolak oleh kaum Israel. Itulah kenyataan sejarah bangsa Israel, dan Paulus pernah ikut dalam sejarah penolakan itu dan bahkan melakukan tindak kekerasan kepada mereka yang menerima Injil itu. Namun penolakan tersebut telah menghasilkan hasil yang begitu besar, sehingga telah memperdamaikan bangsa-bangsa lain bukan Israel dengan Tuhan Allah. Apakah wajar dan Injili kalau mereka yang sudah menerima Yesus Kristus membenci mereka yang telah menolak-Nya?  Rasul Paulus melarang sikap membenci bahkan sikap memusuhi bangsa Israel. Bukankah dia beserta  penginjil-penginjil lainnya  dulu adalah orang Yahudi yang menolak Injil itu, yaitu Yesus Kristus? Mereka adalah bagian dari Israel keseluruhan itu. Tidak ada alasan mereka berperilaku sedemikian rupa, karena itu adalah rahasia Tuhan Allah sendiri. Karena itulah Rasul Paulus menyampaikan nasihat ini:  Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini: Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk” (11:25). Dia kagum akan jalan Tuhan kepada bangsa-bangsa bukan Yahudi, dan dalam kekagumannya dia sendiri menggelar dirinya sebagai “rasul untuk bangsa-bangsa bukan Yahudi” (11:13), artinya utusan atau duta Allah kepada bangsa-bangsa bukan Yahudi. Jabatan itu baginya sangat mulia.
Sebaliknya penolakan bangsa Yahudi terhadap Injil itu adalah suatu tragedi dalam sejarah Tuhan Allah dengan bangsa-Nya. Mengenai Injil mereka adalah seteru Allah oleh karena kamu, tetapi mengenai pilihan mereka adalah kekasih Allah oleh karena nenek moyang. Sebab Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya” (ay. 28-19). Namun di sinilah Paulus melihat rahasia Allah pula, karena dalam proses penolakan itu terjadi suatu yang sangat mengakumkan dalam sejarah umat manusia, yaitu Tuhan Allah sendiri memperdamaikan diri-Nya dengan bangsa-bangsa di luar Yahudi. Rasul Paulus mengharapkan supaya kedatangan bangsa-bangsa bukan Yahudi kepada Tuhan Allah membangkitkan rasa cemburu dikalangan bangsa Israel sehingga sikap penolakan mereka akan  berubah menjadi sikap menerima kemurahan Allah itu: ”Sebab sama seperti kamu dahulu tidak taat kepada Allah, tetapi sekarang beroleh kemurahan oleh ketidaktaatan mereka, demikian juga mereka sekarang tidak taat, supaya oleh kemurahan yang telah kamu peroleh, mereka juga akan beroleh kemurahan. Sebab Allah telah mengurung semua orang dalam ketidaktaatan, supaya Ia dapat menunjukkan kemurahan-Nya atas mereka semua” (ay. 30-32).
Tuhan Allah merangkul semua umat manusia yang dilihat oleh Paulus dari segi sejarah perjumpaan Tuhan Allah dengan bangsa pilihannya dan bangsa-bangsa yang berhak menrima Kemurahan hati-Nya. Keduanya saling mempengaruhi ke arah  Injil itu, yaitu Yesus Kristus, supaya semua bangsa mengenal Dia dan mau menerima Kemurahan hati Tuhan Allah hanya oleh iman dan bukan perbuatan-perbuatan untuk menacari kebenaran.

3.        Kemurahan Tuhan Allah :  Kasih Tuhan Allah  dan  Kebenaran hanya oleh Iman
Rasul Paulus   telah mengungkapkan  beberapa rahasia keberhasilannya dalam menyampaikan Injil yang mengedepankan Kasih Tuhan Allah bagi bangsa Israel pilihan Allah. Kemuarahan hati Allah kepada bangsa-bangsa bukan Yahudi yang berjalan di “Jalan Tuhan” hanya karena iman. Pertama, janganlah kita menyombongkan kemurahan hati Allah itu, karena Tuhan Allah bebas melakukan kehendak-Nya bagi siapa pun, karena Allah ingin supaya semua manusia hidup dalam kemurahan hati-Nya (Yoh. 10:10). Buanglah kesombongan iman dari hidupmu sebagai pengikut Yesus. Kedua, sikap Paulus yang merangkul kedua pihak (Yahudi dan bukan Yahudi) perlu menjadi pola hidup dan pelayanan setiap orang Kristen khususnya para penginjil/pelayan Firman Tuhan di Indonesia ini.  Ketiga, upaya Paulus untuk memahami semua hidupnya dalam terang teologianya “kebenaran  hanya karena iman bukan perbuatan-perbuatan hukumiah”  sudah menjadi milik bersama jemaat-jemaat yang kita layani.  Marilah kita gunakan teologi Injili ini menjadi pendorong dan motivasi buat membebaskan jemaat dari sikap  masa bodoh atau pasif dalam memahami tugas dan tanggungjawabnya sebagai orang yang telah menerima kemurahan hati Tuhan Allah setiap hari.




Pdt.Dr.JR.Hutauruk
Ephorus Emeritus HKBP
HP 0811 637452

Bacaan Minggu, 21 Agustus 2011: Mazmur 40:9-12

widgeo.net
Minggu 9 Setelah Trinitatis, 21 Agustus 2011                                                                      Mazmur 40:9-12

SUKA MELAKUKAN KEHENDAK TUHAN

 


M
Syukur dan doa
azmur 40 ini merupakan perpaduan antara Syukur dan Doa. Ini terekspressi dari pengalaman pemazmur, yang sangat menanti-nantikan TUHAN; dan di saat ia menanti-nantika Tuhan, ternyata “Ia menjenguk kepadaku dan mendengar teriakku minta tolong.” Gayung bersambut antara Doa minta tolong dari si Pemazmur dengan lawatan pertolongan dari Tuhan digambarkan dengan dramatis “Ia mengangkat aku dari lobang kebinasaan, dari lumpur rawa; Ia menempatkan kakiku di atas bukit batu, menetapkan langkahku, Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada TUHAN (40:3-4). Doa – Pertolongan – Pujian, merupakan rangkaian yang berkesinambungan di awal nas ini.
Demikian hebat kasih dan perhatian Allah langsung mendengarkan doa orang yang percaya, maka sangatlah benar pernyataan ini: “Berbahagialah orang, yang menaruh kepercayaannya pada TUHAN, yang tidak berpaling kepada orang-orang yang angkuh, atau kepada orang-orang yang telah menyimpang kepada kebohongan!” (40:5) bahkan orang-orang yang berbahagia itu akan mengaku: “Banyaklah yang telah Kaulakukan, ya TUHAN, Allahku, perbuatan-Mu yang ajaib dan maksud-Mu untuk kami. Tidak ada yang dapat disejajarkan dengan Engkau! Aku mau memberitakan dan mengatakannya, tetapi terlalu besar jumlahnya untuk dihitung” (40:6).
Pengucapan syukur dan doa mohon pertolongan merupakan dua hal yang silih berganti, di mana Tuhan Allah sendiri menjadi tujuannya. Bersyukur dan berdoa adalah aktivitas keberimanan yang tidak mudah kita bedakan. Memang di saat kita bersyukur tidak hanya “berdoa” yang boleh dan patut kita lakukan, melainan seluruh sikap, jiwa, keputusan dan tindakan kita harus sungguh “bersyukur”; dan tatkala kita berdoa maka kita melakukannya bukan hanya untuk “bersyukur” tetapi juga meneriakkan minta pertolongan segera, atau mencurahkan isi hati yang rindu maupun tertekan, atau mungkin berupa kegulauan hati, rengekan, atau pernyataan keputusasaan, atau penyampaikan kata-kata manja menunjukkan kedekatan kita kepada Tuhan.
Ada pelajaran yang menarik dari dua doa yang diucapkan orang-orang ini. Pertama, nabi Yeremia mengatakan: “Engkau telah membujuk aku, ya TUHAN, dan aku telah membiarkan diriku dibujuk; Engkau terlalu kuat bagiku dan Engkau menundukkan aku. Aku telah menjadi tertawaan sepanjang hari, semuanya mereka mengolok-olokkan aku. Sebab setiap kali aku berbicara, terpaksa aku berteriak, terpaksa berseru: "Kelaliman! Aniaya!" Sebab firman TUHAN telah menjadi cela dan cemooh bagiku, sepanjang hari. Tetapi apabila aku berpikir: "Aku tidak mau mengingat Dia dan tidak mau mengucapkan firman lagi demi nama-Nya", maka dalam hatiku ada sesuatu yang seperti api yang menyala-nyala, terkurung dalam tulang-tulangku; aku berlelah-lelah untuk menahannya, tetapi aku tidak sanggup” (Yer. 20:7-9). Di sana ada ungkapan kekecewaan dan mengatakan "Aku tidak mau mengingat Dia dan tidak mau mengucapkan firman lagi demi nama-Nya".
Kedua, seorang raja yang baik dan dikenal sebagai reformator sakit keras dan diperkirakan akan segera mati, lalu dia berdoa dengan sikap yang cengeng. Lalu Hizkia memalingkan mukanya ke arah dinding dan ia berdoa kepada TUHAN: "Ah TUHAN, ingatlah kiranya, bahwa aku telah hidup di hadapan-Mu dengan setia dan dengan tulus hati dan bahwa aku telah melakukan apa yang baik di mata-Mu." Kemudian menangislah Hizkia dengan sangat” (2Raja 20:2-3). Kegalauan hati raja Hizkia langsung dijawab Tuhan: “Tetapi Yesaya belum lagi keluar dari pelataran tengah, tiba-tiba datanglah firman TUHAN kepadanya: "Baliklah dan katakanlah kepada Hizkia, raja umat-Ku: Beginilah firman TUHAN, Allah Daud, bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu; sesungguhnya Aku akan menyembuhkan engkau; pada hari yang ketiga engkau akan pergi ke rumah TUHAN. Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi dan Aku akan melepaskan engkau dan kota ini dari tangan raja Asyur; Aku akan memagari kota ini oleh karena Aku dan oleh karena Daud, hamba-Ku (2Raja 20: 4-6).

Suka melakukan kehendak Tuhan

Sebenarnya ayat 9 adalah merupakan sambungan dari ayat 7 yang mengatakan “Engkau tidak berkenan kepada korban sembelihan dan korban sajian, tetapi Engkau telah membuka telingaku; korban bakaran dan korban penghapus dosa tidak Engkau tuntut. Lalu aku berkata: "Sungguh, aku datang; dalam gulungan kitab ada tertulis tentang aku; aku suka melakukan kehendak-Mu, ya Allahku; Taurat-Mu ada dalam dadaku."
Ada dua hal yang ditegaskan di ayat 9, yakni: Pertama, “Aku suka melakukan kehendak-Mu, ya Allahku.” Ungkapan ini persis didapatkan dalam sikap Yesus yang taat kepada Bapa di surga. Dia taat sampai mati. Ibrani 10:9 menunjukkan keseluruhan sikap Tuhan Yesus “Sungguh, Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu." Yesus menjadi teladan bagi kita untuk melakukan kehendak Bapa di surga. Setiap orang percaya juga harus menguatkan kata-kata Kristus ini menjadin tekad dan janjindi dalam hidupnya sendiri.
Kedua, “Taurat-Mu ada dalam dadaku.”  Iman yang berketaatan adalah iman yang denghan penuh sukacita dan bergembira untuk mengikuti kehendak Allah dan menyimpan firman itu di dalam hatinya. Mazmur 119:11 mengatakan “Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau.” Bahkan Yesus sendiri mengatakan “Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya” (Yoh. 15:7). Taurat tidak lagi sebagai tataran hukum formal, tetapi sudah menjadi identitas, sikap etis dan perilaku sehari-hari.
Sikap, tekad dan perilaku yang suka melakukan kehendak Tuhan seiring dengan kesiapasediaan orang percaya untuk mengabarkan keadilan dan memperjuangkannya dalam komunitas dalam dalam perkara-perkara kehidupan. Tidak ada alasan untuk menundanya dan menutup mulut atas keadilan, sebab pemazmur yang mengaku miskin dan sengsara mendesak pertolongan Tuhan menyelamatkannya. Dikatakan, “Aku ini sengsara dan miskin, tetapi Tuhan memperhatikan aku. Engkaulah yang menolong aku dan meluputkan aku, ya Allahku, janganlah berlambat!” (40:18).
Sekali lagi, tindakan dan keputusan kita untuk memperjuangkan keadilan adalah sesuatu yang sudah menyatu dalam kepribadian kita, dan tentu menjadi keharusan bagi seluruh umaty percaya. Pemazmur mengaku, “Keadilan tidaklah kusembunyikan dalam hatiku, kesetiaan-Mu dan keselamatan dari pada-Mu kubicarakan, kasih-Mu dan kebenaran-Mu tidak kudiamkan kepada jemaah yang besar. Engkau, TUHAN, janganlah menahan rahmat-Mu dari padaku, kasih-Mu dan kebenaran-Mu kiranya menjaga aku selalu!” (40:11-12).

Lakukanlah kebaikan dan lebih baik lagi

Pertama: Mari bersyukur dan berdoa. Syukur dan Doa adalah eksistensi hidup orang beriman. Setiap saat kita bersyukur, sebab setiap saat kita dimampukan, ditolong, diselamatkan dan diberkati. Orang yang tidak bersyukur, berarti dia adalah orang yang hidup dengan dirinya sendiri, tanpa orang lain sebagai penyokong dan pendukung, apalagi tanpa Tuhan sekali pun tidak diimaninya memberinya hidup. Orang seperti ini sombong dan meninggikan hati, temasuk terhadap Tuhan.
Kedua: Mari sungguh-sungguh menyerah kepada pengasihan Tuhan. Sebab sesungguhnya malapetaka selalu mengepung kita, bahkan sampai tidak terbilang banyaknya. Kita telah terkejar oleh kesalahan kita, sehingga kita tidak sanggup melihat kesal;ahan-kesalahan kita itu. Tentu dalam kesadaran bahwa kita sudah sedemikian rapuh dan habis, hatiku ingin menyerah. Dan penyerahan kepada Tuhan ini adalah keputusan iman yang baik. Dan saat itu kita berteriak: Berkenanlah kiranya Engkau, ya TUHAN, untuk melepaskan aku; TUHAN, segeralah menolong aku! Biarlah mendapat malu dan tersipu-sipu mereka semua yang ingin mencabut nyawaku; biarlah mundur dan kena noda mereka yang mengingini kecelakaanku! Biarlah terdiam karena malu mereka yang mengatai aku: "Syukur, syukur!" Biarlah bergembira dan bersukacita karena Engkau semua orang yang mencari Engkau; biarlah mereka yang mencintai keselamatan dari pada-Mu tetap berkata: "TUHAN itu besar!"
Ketiga: Mari melipatgandakan kesungguhan kita untuk melakukan kehendak Tuhan. Caranya, selalu lebih dahulu bertanya kepada Tuhan akan apa yang dikehendakinya. Di saat bertanya, kita akan diberi hikmat untuk mengoreksi diri kita, agar lebih bergiat melakukan apa yang sungguh dikehendaki Tuhan. Sebenarnya, kalau kita tidak lagi berniat, bertekad dan berusaha untuk memberikan hidup yang lebih baik – pelayanan yang lebih baik, kasih sayang yang lebih baik, dan segala realisasi diri kita yang lebih baik, sesungguhnya saat itu kita sudah tidak baik. Tuhan Yesus menginginkan kita lebih baik. Dia memerintahkan kita “Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna" (Mat. 5:48). Amin.




Pdt. Dr. M. Frans Ladestam Sinaga
HKBP Tangerang Kota, Jakarta-3























*) Dr. Frans H.M. Silalahi, DMin. DTh. adalah Direktur of Back to the Bible Indonesia dan
 PUKET   I di  Harvest International Theological Seminary