Rabu, 23 Oktober 2013

Jamita Minggu, 10 Nopember 2013: Roma 12:17-21

widgeo.net

Patujolo:

Di buku Rom ponggol 1-11, bahat do dipikirkon apostel Paulus, jana dibaritahon masalah-masalah dogmatika (=pangajaran Kristen na polin). Tapi di ponggol 12 on diuluhon jana ditogihon ia do parlagutan Rom anso mangkarejohon pangajarannia i.  Sude parenta na mangamudihon parlagutan i diusahoon ia do manuju tu sada ajakan dohot arop ni roha, halak na porsaya bisa do mulai mancuba anso mangolu marhombar dohot halak na humaliang na, jana anso tongtong manghangoluhon hasintongan hata ni Tuhan. Sian turpuk jamita on, tarboto do bahaso keadaan kota Rom na so mandukung tu parngoluon ni angka halak na posaya tu Jesus di si. Bahkan adong indikasi bahaso bahat halak Kristen diperlakuhon inda wajar jana inda adil, basa ma muse ay.12-15, huhut pamanat ay. 17-21.
Dibagasan situasi hamaolon na tarjadi tu halak Kristen,  gabe dipodahon si Paulus ma, anso martahan halahi dibagasan haporsayaan na sintong tu Kristus, jana tongtong manghaholongi halak na asing. Marsihaholongan ma na sada tu na asing.  Maksudnia ima, holong nada hum pandohan hata sajo, tapi manghangoluhon dohot mangkarejohon na, gabe tujuan na lobi ponting.
Adong do 2 hal na diparjuangkon si Paulus:
Na porjolo, ngolu na adong di parlagutan i sandiri. Diarop rohania do anso marsihaholongan nasida, marsipasangapan di angka pambaenan na denggan, mangurupi halak na marhahurangan, mangalehen inganan di halak napaisolat na mamorluhon, bisa gabe inganan manompang (sonang ma roha manjagit haroro ni halak tu bagas na), saroha sapikiran, tongtong ma martangiang, jana melayani Tuhan.  
Na paduahon, ngolu na marhadomuan tu na marmasyarakat dohot halak na adong di sakitar na. Dipodahon apostel i do anso sobar muda ro hasusaan ni ngolu,  mamasumasu halak namarpanghaciti, jana ulang mamburai, ulang mamaloskon hajahatan dohot hajahatan, manghaholongi musu dohot pambaenan.
Bahat do halak na so lomo roha na mida halak Kristen hara ni angka pambaenan si songoni. Bisa dohonon, angkon do dipatuduhon halak Kristen di ngolu na, bahaso ia porsaya di Tuhan, baru pe ligion jana botoon na, Tuhan mambaen gabe maruba ngolunia. Di son ma payak ni arop ni roha ni si Paulus bahaso halahi gabe pasupasu tu halak na asing, jana padaohon ngolu anso ulang mambaloskon hajahatan dohot hajahatan. Disosoi ia do anso parlagutan i mangalo halak na so lomo roha na mida halak Kristen, dohot cara mambaen angka na denggan jana marpupu patuduhon pambaenan na denggan i.
Di halak na porsayai porlu do adong inisiatif aktif anso adong hadameon, apa lagi anso gabe marpangunsandean ma angka na so lomo roha na tu halak Kristen, gabe marsigantung jana manjagit ma di angka haputusan ni halahi. Hara ni ima, marpambaenan na denggan tu sude halak jana nada mardia imbar, gabe ciri ngolu ni na porsaya tu Tuhan Jesus.
Hatorangan:

Ay. 17, ulang ma baloskon na jat tu na jat

Pandohan na umum, na denggan do bahenon laho mambaloskon angka na jat. Jana madung gabe bagian poda na dipateankon do i tu bangson ta di Indonesia sebagai “nilai-nilai luhur bangsa”. I ma tanda na bangsonta bangso na marugamo jana bangso beradab na membudayahon angka na denggan. “Air susu jangan di balas dengan air tuba”, sada hata mutiha na sangat terjaga anso adong ngolu na dame tu angka ragam na adong di negaranta sebagai bangsa na godang na manjagahon parbedaan na adong; ugamo, bahasa, adat, warna kulit, suku, dohot angka na asingi do pe.  Sebagai halak Kristen, nada pola pemahaman na asing i, hara na muloi do hita sian na menek madung diajarkon do holong, jana anso angka na denggan diparayak di ngolu on, patudos 2 Tim. 3: 15-17.

Semangat ngolu partondion ni halak Kristen na parjolo i pe, anso gabe maduma ngolu na laing songoni do. Jabat do muncul prinsip ngolu na mandok “non multa shed multum”, na bahat i belum tentu denggan-tapi na denggan i bahat sajo do pe. Angka na denggan madung diparmudarkon ha-Kristenon sian na jolo. Par-Masmur pe muda diramoti pangokuan na tu Tuhan, sai tongtong do manyoarahon, paradehon angka na denggan tu angka na manangihon, anso marsangap Tuhan na ni somba ni halak Israel. Anso bangso na sian habincaran lopus tu hasunduton, sian utara tu dangsina ro tu Jerusalem, patuduhon pambaenan na denggan sebagai tanda holong ni Tuhan manongtong ro di salolotnilolot nadung lalu tu halahi jana manghangoluhonsa, Msm. 145: 9; Gal. 6: 10.  Hara ni i ma porlu disoarahon sada tanda ngolu ni halak na porsaya laho mangadope ragam ni na masa na so denggan, marpambaenan nadenggan ma di parayak anso gabe pasupasu ngolu on tu na asing.

Ay. 18, ngolu na dame tu sasude na

Pambaenan na denggan cenderung do jana pasti bisa mangamudihon, anso angka na jat nada menggerogoti situasi dohot keadaan ni ngolu hara ni angka parbedaan. Parbedaan, jumojjot do mambaen tarjadi parsalisian, porang, teror, hagunturon, hakorason, pambaenan na so adil, pangayahion, parmusuon, hotel (hosom, olat, teal, elat, late), gutgut, jana madung gabe virus na maol situtu sibanterason. Sude pangalaho hara ni parbedaan na di ginjang, madung dimasuhi virus on di halak Kristen manurut turpuk on. Hara ni ima, marporang do tondinta anso patuduhon pambaenan na denggan anso gabe jumpangan ngolu na mardame. “Civic pacem para bellum”, ninna hatiha i, sanga ise na marhagiot adong dame-angkon rade do masuk tu porang. Porang na ni karejohon saonnari, ima mangalo hagiot ni sibuk na so manongtong, tapi tondi na tongtong parayakhon na denggan goaron ma halahi gabe dakdanak ni Debata si oban dame, Mat. 5: 9. Sebagai dakdanak ni Debata anso gabe pasupasu ngolu na tu sude halak, mardame ma ngolu na nian tu sude halak, anso ulang hona uhum ia di ari sogot.

Ay. 19-20, ulang mambaen pambaloson, angke Tuhan do nampuna ari pambaloson i

Mambaloskon aha na dibaen ni dongan sanga na nibaen musu, angka na jat tu dirinta, sanga na beha pe pasti do tubu di roha giot mabaloskon i. Ninna roha jat na dibaen tu hita, angkon laing na jat do baloskonon. Na denggan na dibaen tu hita pasti do laing na denggan baenon balos ni i. Sanga adong muse do kemungkinan na, nadenggan na dibaen jolma tu hita bisa sabalikna na jat ro balos na. Jarang, bahkan hampir nada adong na jat dibaen halak tu hita, gabe na denggan ro balos na. Pambaenan na homogen (nasarupa) dohot na heterogen (namarbeda) sebagai sebab akibat, madung gabe hataridaan ni alus manang alasan,  bagian sian angka pambaenan na tarjadi di ngolu on. Nang pe satutuna adong do patik sanga norma na mangatur dohot na mangevaluasi sude pambaenan na denggan sanga pe pambaenan na jat. On ma gaya hidup, ngolu ni jolma na so sian satutuna dope manjagit holong ni Kristus. Seolah-olah jolma sebagai mandataris ni Debata di portibi on, adong do hak na mambaen pambalosan. Uhum alam marlaku. Uhum “homo homini lopus” (ise na gogo ia ma na gabe markuaso) diparaktekkon.  Jamita on paingothon hita sebagai halak na porsaya, nada songon i. Halak nadung dohot masuk dibagasan holong ni Kristus, nada adong hak ni jolma mambaen pamboloson. Tuhan do nampuna pamboloson di sude angka pambaenan na denggan sanga na jat. Taparrohahon jana tabege do liturgi di hatiha mananom na mate, “... mangihut tu halahi do na binaen ni halahi”, na denggan sanga na jat uju di ngolu na paima ro ari na godang i, Hal. 14: 13.

Ay. 21, taluhon ma na jat markite hadengganan

Pambaenan na bertolak belakang di sapanjang sejarah ni hajolmaon, dung madabu jolma tu bagasan dosa sai tongtong do i tarida gabe “seni hidup” na angkon diramoti. Na denggan alo na na jat, lambok alo na kasar, godang alo na menek, sonang alo na marungkil, pistar alo na oto, lomlom alo na bontar, tigor alo na pelgok, sehat alo na sahit, gincat alo na toruk, tondi alo na daging sanga sibuk, bonar alo na sala, porsaya alo na kafir, ngolu alo na mate, jana bahat sun do pe di si. Seni ngolu sanga dinamika na tarjadi di ngolunta pe nada luput sian angka paraloan, hara ni na saling bertolak belakang. Giot ni roha nian baenon ma na denggan tu halak indu, tapi gabe sala di roha na deba. Dirippu do parlaboan hape gabe hamamago. Hagiot ni na marsuru mambaen angka na denggan sian Tuhan do ro panggora ni i anso takarejohon. Muda pe sala di roha ni jolma na marnida na denggan na tapatupa tu na asing i, pupuon ta do mambaen angka na denggan i. Sarupa do i tu halak na sai mangkritik angka na denggan hita karejohon, hara ni na so bisa do ia mambaen songon na takarejohon i, na sai marnida na denggan sebagai hal na relatif. Turpuk jamita on mandok angkon taluhonon ma na jat markite angka na denggan. Jadi nada relatif. Na denggan di au belum tentu denggan tu halahan. Tapi na denggan di Tuhan na takarejohon angke ido hagiotNia, mutlak, absolut, jana i do na denggan sebagai halak na porsaya, patudos ma Gal. 6: 10.  

Hahonaan na:

Ngolu on tu halak na porsaya nada secara kebetulan adong. Ngolu on na dilehen Tuhan do sebagai selehenlehen (anugerah) tu hita songon dia na nibaritahon di Bibel i. Ragam ni angka na denggan dipabotohon do tu hita anso taparayak ma mangkarejohon na.

“Denggan ima impola ni ngolu na dipatongon Tuhan tu na nitompaNia. Pola do didok Ia di Pamungkaan 1: 31, “sun ma dengganna sude na i diida Debata”. Harana hadengganan do puncak ni panompaon ni Tuhan di jolma, gabe dilehen ma tu jolma karakter na khusus sian angka na nitompaNia na asing i, markhite hasagambaran tu Debata dohot tudos tu pangalahoNa. Astuan na, aha na di parhagiot ni Debata di portibi na nitompaNia on, angkon tulus ma hombar tu hagiotNia. Tapi angka na sabalikna do na tarjadi.
Laing dibaritahon muse do nian ragam ni angka hajahatan, ima na parohon uhuman. Ingot ma barita ni si Kain, si Akhan, Nimrod, jolma hatiha masa ni si Noak, Huta Sodom dohot Gomora, Raja Saul, Daud, Ananias dohot Saphira, na mora na so parduli tu si Lazarus, pambaenan ni halak Jahudi tu Jesus, jana bahat do pe di Buku na Badia i.
Di bagasan praktek ngolu siganup ari tarida ma parngoluon on gabe karakter ngolu na nyato i ma: ”parayak ma mambaen na denggan jana ulang mambaen na jahat” saurdot dohot hagiot ni Tuhan. Mulak tu Tuhan mangihutkon parentaNia marpambaenan na denggan, nada hum hata na tinggal janji i, tapi angkon parayahon do i gabe sada pambaenan na denggan tu hagiot ni Tuhan laho manghagigihon na jahat. Jana disi ma botoon ni halak na porsayai hapastian ni Tuhan namanjanjihon “mangolu ma hamu”. Marpambaenan na denggan on bisa muse do songon klise, hatahata na hum bolus sambing  napatabotabo simanangi, tapi dipaudut do dohot “hajongjonghon hamu ma na tigor, anso dapotan ibo ni roha ni Tuhan na mambaen dapotan ngolu, ligi Am. 5: 14-15.
Antong biasi Tuhan mangijinkon marragam hajahatan, sanga mungkin do Tuhan mangijinkon hajahatan na marragam  i tarjadi? Sanggup dope hita mangatasi hajahatan moral na dipudian ni ari on mur borat jana ganas songon sahit kanker na mangararati na tu ujungna hamatean ?
Dipangokuon ni halak Kristen, porsaya do hita Tuhan do na manjadihon, mamaliaro, manjagahon jana mangatur portibion (Conservatio). Tuhan padiarhon adong hajahatan, harana Ia do na manguhumi dosa. Ima mambaen disosoi do halak na porsaya i anso parayakhon na denggan.
Ima na mambaen anso sai tongtong do hita diajari martangiang, “tulus ma lomo ni rohaMu songon di Banua Ginjang songoni muse di tano on”. Banua Ginjang i nada tarpapinda hita di tano on, tapi anso tulus si songon i di tano on, karejohon ma na denggan jana parayak ma hatigoran. Sobok dohot on laing diajari do jolma i ditangiang na anso “sesa ma dosa nami songon hami manyesa dosa ni dongan nami na mardosa di hami”, na marastuan diparhagiot Tuhan do anso mangolu jolma i sasuai dohot hatiha “ibo ni roha na sian Ia. Antong mulak ma hita tu Tuhan anso mangolu hita. Manghaholongi na denggan jana manghajongjongkon na tigor, gabe sada jaminan dihaporsayaanta do i laho mandalankon “Patik Raya” na sian Tuhan, manghaholongi Tuhan sian na sa roha, gogo dohot ateate, songon i manghaholongi dongan tudos tu diri sandiri. Basa Pang. 6: 5-6; Mat. 22: 37-39.
Nada adong guna na mambaloskon sada pambaenan na tarjadi tu pambaenan na sarupa, songon i muse do muda marpupu mambaen na denggan ditaluhon ma hajahatan. Ido bukti dame, syalom nadung ro tu portibion, anso sebagai dakdanak ni Debata kehadiran ni na porsayai gabe sioban dame. Sanga di jamitanta Minggu Trinitatis on di dok, anso pasupasu ma hita tu sasude na, jana dibagasan sasudena. Tahangoluhon ma HataNai gabe tongtong ma marpambaenan na denggan, angka na jat i pe mandao jana mandipur manjalahi sitondongon na.
Pangarimpunan:
Na denggan di Tuhan ima habonaran na mutlak, tapi habonaran di jolma belum tentu, bisa do gabe relatif sifatna. Bisa do bonar di jolma tapi sala di Tuhan. Isarana, na bonar jana denggan dongan ni panangko angkon laing panangko do, na denggan di parkarosuan angkon laing dongan na markarosuan do, na bonar jana denggan di pargabus angkon laing pargabus do, na denggan di koruptor dongan na angkon laing koruptor do, dohot tahe disude sisi hajahatan ni jolma i. Gabe pangalaho na marhuria (kejahatan berjemaah) do angka na jat i, muda di padiardiar. Habonaran ni parjahat nada adong kompromi ni i di Tuhan. Hara ni i dingolu haKaristenon nada bisa dohonon adong do sitiruon sian si bolis, ima “haringgasonnai”, manopot jolma, tapi mambaen na jahat do. Ari pambaloson sian Tuhan marlaku jana pasti do tarjadi.
Muda sonang roha  jana marhaluaan hara ni Tuhan, aha ma he na so tarkarejohon hita?. Aha na angkon takarejohon pasti do angkon maradopan dohot pambaenan na jahat dohot sihagigian. Tapi nada padiaron pamikiran dohot parngoluan na songon i markuaso dibagasan ngolunta, harana on do na sering mambaen jolma martindak nada tigor, hakorason, mamisat angka jolma na asing, jana mandao sian angka pambaenan na denggan.
Tanggal 10 Nopember Minggu sadari on dirayahon bangsonta do gabe “Hari Pahlawan”, ima anso takarejohon ma angka na denggan na pasonang rohanta, pasonang donganta, pasonang lingkunganta, angke di si ma adong hadameon. Madung marlojaloja hita mamorangi sandok hajahatan, penjajahan, ketertindasan, bahat korban di arta, hosa dohot hatiha, saonnari hatiha na ma tataluhon bentuk-bentuk hajahatan dinamangkarejohon na denggan i. Talu do na jat dibaen na denggan.
Tahaporluhon do ngolu na dame, songon dia ma hita mardame tu dongan jolma, dohot Tuhan, dohot diri sandiri. Sasudena i bisa tarjadi jana jagitonta markite Tuhan dohot HataNa na gabe Aer Ni Loba Na Mijur Sian Surgo.
Mare ma hita mangido pangurupion ni Tuhan anso dilehen bisuk na sian ginjang i, dibagasan manguhal arti ngolu dohot hangoluan na adong diparngoluan na denggan, marayak tu tujuan ni ngolu na polin laho manuju dalan ngolu na di bagasan Tuhan. Antong hagigihon hamu ma na jahat, haholongi hamu ma na denggan, jana hajongjongkon hamu ma na tigor, basa Am.5: 15. Taparayak ma angka na denggan, jana marpupu marpambaenan na denggan i, jana taamenkon ma, nada talu na denggan baenon ni na jat.
                                    A m e n
               Pdt. B.M. Siregar




Hatorangan ni Sibasaon: Kolose 3:12-14

widgeo.net

1.       Orang-orang pilihan adalah orang-orang yang khusus yang melewati seleksi dari beberapa orang lainnya. Orang pilihan ini memiliki karakter, gaya dan perilaku hidup yang berbeda dari orang lain. Mereka sudah memiliki dasar dan pemahaman iman yang lebih mendalam. Orang-orang pilihan ini tentunya bisa diterima oleh siapa pun asalkan kita mau dan dibentuk sesuai dengan kehendak TUHAN. Dalam teks kitab suci kali ini kita akan membahas orang-orang pilihan ALLAH.
2.       Apakah ciri-ciri orang pilihan ALLAH itu?
a.       MENGENAKAN BELAS KASIHAN
Belas kasihan sering kali diterjemahan dari kata Ibrani ra·khamim′ dan kata Yunani e′le·os (kata kerja, e·le·e′o). Dengan memeriksa kata-kata ini dan penggunaannya, kita dibantu untuk mendapatkan makna dan nuansa artinya yang lengkap. Kata kerja Ibrani ra·kham′ didefinisikan sebagai ”bercahaya, mempunyai perasaan hangat karena emosi yang lembut; . . . beriba hati”. Menurut seorang leksikograf bernama Gesenius, ”Gagasan utamanya tampaknya terletak pada tindakan menyayangi, menenteramkan, dan pada keadaan emosi yang lembut. Kata ini berkaitan erat dengan kata untuk ”rahim” atau dapat memaksudkan ”usus besar”, yang terpengaruh sewaktu seseorang mempunyai perasaan yang hangat dan simpati yang lembut atau rasa kasihan (Bdk. Yes. 63:15, 16; Yer. 31:20). Dengan demikian, orang pilihan ALLAH harus mampu bertindak menyayangi dan membuat tenteram keadaan sehingga suasana damai sejatera nyata dan dirasakan oleh banyak orang.
b.       MURAH HATI
Kemurahan hati merupakan dua kata yang menjadi tekanan dalam pengajaran Yesus. Kemurahan hati memiliki sumber pada hati yang memiliki kasih, yang mudah tergerak melihat penderitaan orang lain, hati yang mau menolong sesama yang menderita. Mengapa Yesus sangat menekankan pada murid-muridnya untuk memiliki kemurahan hati? Alasannya karena Allah itu kasih. Kemurahan hati Allah yang begitu besar terletak pada kesediaan Allah untuk berkorban bagi manusia yang menderita karena dosa pemberontakan manusia sendiri. Allah tergerak hatinya dan ikut merasakan penderitaan manusia dan Ia datang serta mengorbankan diriNya bagi keselamatan manusia. Siapapun yang ada di dalam Dia akan memiliki hati yang penuh kasih, penuh kemurahan, penuh belas kasihan pada sesama yang menderita. Kita tidak bisa mengaku sebagai murid Yesus yang telah menikmati kemurahan hati Tuhan, menikmati pertolongannya tetapi menutup mata terhadap penderitaan orang lain di sekeliling kita. Bila itu yang kita lakukan maka sama saja dengan kita menyangkal kasih Allah kepada kita, kita menyangkal anugerah keselamatan Allah kepada kita, dan keselamatan itu akan diambil kembali dari pada kita. Itu yang terjadi seperti dalam perumpamaan Tuhan Yesus tentang orang yang telah diampuni utangnya sebesar sepuluh ribu talenta (sekitar 60 juta dinar atau 10 juta shekel kira-kira 100 Triliun Rp) namun tak mengampuni temannya yang berutang 100 dinar (sekitar 3 juta Rp). Pengampunannya itu kemudian diambil kembali darinya dan ia dimasukkan dalam penjara. Keselamatan kita sebagai orang kristen adalah keselamatan yang dianugerahkan oleh Tuhan secara cuma-cuma melalui iman kita kepadaNya. Namun iman tanpa perbuatan adalah iman yang mati. Dalam cerita orang Samaria yang baik hati di atas kita melihat bagaimana orang yang menderita sehabis dirampok tak dipedulikan oleh kedua orang pertama yang melwatinya yaitu seorang Imam dan seorang Lewi. Seorang Imam dan orang Lewi adalah dua jenis orang yang setiap hari mengidentikan diri mereka dengan Tuhan. Mereka adalah orang-orang terpandang dalam hal keagamaan, namun perilaku hidup mereka tak mencerminkan perilaku yang menghormati Tuhan. Jadi apa yang mereka khotbahkan setiap hari tak sesuai dengan apa yang mereka praktekkan dalam kehidupan real mereka. Iman harus dilandasi dengan perbuatan sebagai ungkapan syukur atas anugerah keselamatan yang diberikan. Ketika kita telah diampuni segala kesalahan kita yang begitu besar tetapi perilaku kita masih menyandang perilaku lama yang tak memiliki kemurahan hati dan belas kasihan maka kita menjadi tak layak untuk menerima anugerah keselamatan Tuhan. Karena itu kenakanlah kasih, kemurahan hati, belas kasihan dalam setiap perilaku kehidupan kita. Karena kita tidak mungkin mampu mengasihi Allah yang tidak kelihatan tetapi membenci sesama kita yang ada setiap hari di sekeliling kita.

c.       RENDAH HATI
Rendah hati mungkin adalah sebuah kata yang hampir hilang dari perbendaharaan bahasa kita. Hampir setiap hari kita mendengar atau menyaksikan betapa kita, menunjukkan arogansi kekuasaan atau kekayaan, kehebatan yang kita miliki. Kerendahan hati merupakan salah satu indikator dari tingginya kecerdasan spiritual seseorang. Seorang yang tidak bisa menunjukkan sikap atau karakter rendah hati, berarti belum mencapai kedamaian dengan dirinya. Pribadi yang rendah hati biasanya justru memandang bahwa orang lain sebagai ciptaan Tuhan memiliki keunikan dan keistimewaan, sehingga dia senantiasa membuat orang lain merasa penting. Karena sesungguhnya setiap pribadi adalah istimewa. Setiap orang adalah spesial, unik, dan berhak untuk dihargai. Manusia adalah pribadi yang harus diperlakukan khusus. Manusia adalah makhluk yang sangat sensitif. Jika kita meragukan hal ini, lihat diri kita sendiri dan perhatikan betapa mudahnya kita merasa disakiti atau tersinggung. Orang yang Rendah hati akan membahagiakan hati sesama. Kalau dia seorang bapak, keluarganya akan menghormatinya dengan tulus. Kalau seorang ibu, anak-anaknya tentu akan senantiasa merindukan. Kalau seorang pemimpin, tentu akan menginspirasi hati sekalian rakyatnya.Mari kita belajar rendah hati, dengan cara mengagumi dan mengapresiasi kelebihan rekan-rekan kita yang tidak kita miliki.Salah satu ciri kerendahan hati adalah mau mendengar pendapat, saran dan menerima kritik dari orang lain. Sering dikatakan bahwa Tuhan memberi kita dua buah telinga dan satu mulut, yang dimaksudkan agar kita lebih banyak mendengar daripada berbicara. Kadang-kadang hanya dengan mendengarkan saja kita dapat menguatkan orang lain yang sedang dilanda kesedihan atau kesulitan. Dengan hanya mendengar, kita dapat memecahkan sebagian besar masalah yang kita hadapi. Mendengar juga berarti mau membuka diri dan menerima, suatu sifat yang menggambarkan kerelaan untuk menerima kelebihan dan kekurangan orang lain maupun diri kita sendiri. Rendah hati bukan berarti merendahkan diri dan menutup diri melainkan secara aktif mendengarkan, berbagi, dan berempati sehingga terjalin hubungan harmonis dua arah. Dia dapat menyesuaikan kondisi emosi dan egonya untuk menempati kondisi emosi dan ego teman bicaranya sehingga sang teman merasa didengarkan dan dihargai.

d.       LEMAH LEMBUT
Lemah lembut dalam Bahasa Indonesia artinya baik hati, suka menurut. Dalam bahasa Yunani kata yang diterjemahkan dengan lemah lembut adalah praus (dari kata praus dikenal pula kata praotes yang artinya kurang lebih sama). Kata itu sebenarnya memiliki makna lebih luas dibanding arti lemah lembut dalam bahasa Indonesia. Ada 3 pengertian: (1) praus biasanya dikenakan pada binatang (khususnya kuda) yang sudah jinak; tidak lagi mengikuti kemauannya sendiri tetapi sudah dapat menerima pengarahan dan kendali dari tuannya. (2) kata praotes biasanya dipakai untuk menyebut sikap yang berada di tengah-tengah orgilotes (gampang dan suka marah) dan aorgesia (sama sekali tidak bisa marah). Jadi praotes sama dengan orang yang sabar (tidak suka marah, atau mengumbar amarahnya), tetapi dalam hal dan waktu tertentu dia bisa juga marah; tidak tinggal diam saja. (3) kata praotes adalah lawan dari kata hupselokardia (tinggi hati), jadi bisa diartikan rendah hati; tidak sombong dengan kelebihannya, tetapi juga tidak minder dengan kekurangannya. Dengan demikian seseorang dikatakan lemah lembut bila: (1) ia punya kehendak tetapi kehendaknya itu ia tundukkan di bawah kehendak Tuhan. Ada ajaran dari aliran keagamaan tertentu yang memandang kehendak sebagai sumber penderitaan, karenanya harus dimatikan. Berangkat dari arti praotes kehendak itu tidak dimatikan (dan memang sebetulnya tidak bisa kita mematikan kehendak), tetapi dikendalikan. Sehingga kita tidak diperbudak oleh kehendak). (2) ia bisa marah, tapi tidak lekas marah; bisa menguasai kemarahannya. (3) ia akan menghadapi orang-orang yang lebih tinggi tanpa rendah diri dan orang-orang yang lebih rendah tanpa menjadi tinggi hati.
e.       SABAR
Di zaman sekarang ini tidak mudah menemukan orang yang sabar.  Banyak orang cenderung cepat-cepat dan sembarangan dalam mengerjakan segala sesuatu.  Atau ketika dalam masalah dan pergumulan, kita sering mendengar nasihat yang mengatakan, "Yang sabar ya."  Lalu kita pun menimpali: "Kesabaran kan ada batasnya."  Sebenarnya, apa itu kesabaran? Kesabaran adalah ketenangan hati dalam menghadapi cobaan;  kesabaran adalah lawan dari kemarahan yang tidak pada tempatnya, kemampuan untuk menahan diri dalam menghadapi situasi-situasi sulit;  sifat tenang;  tabah;  tidak tergesa-gesa atau terburu nafsu.  Ketika orang lain marah, menyakiti atau berbuat jahat kepada kita, tanpa pikir panjang kita ingin segera mendamprat atau membalasnya.  Apa bedanya kita dengan orang dunia jika demikian?  Sebagai orang Kristen kita dituntut untuk memiliki kesabarn dan saling bersabar satu sama lainnya, sebab kesabaran adalah bagian dari kasih, dan kekristenan itu identik dengan kasih.  Tertulis:  "Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong"  (1Kor. 13:4).  Di samping itu, kesabaran merupakan bagian dari buah-buah Roh yang harus terpancar dalam kehidupan orang percaya (baca Gal. 5:22-23).  Jika kita mengaku diri sebagai orang Kristen/pengikut Kristus tapi kita tak punya kesabaran, maka kita perlu bertobat!  Dengan kesabaran, seseorang dapat melihat hal-hal yang positif di tengah kesukaran sekali pun.  Bukankah banyak orang Kristen yang tidak sabar menantikan pertolongan dari Tuhan dan akhirnya mereka pun tidak mengalami beerkat-berkat Tuhan?  Kesabaran adalah kunci untuk sebuah hubungan kerjasama yang baik.  "Si pemarah membangkitkan pertengkaran, tetapi orang yang sabar memadamkan perbantahan."  (Ams. 15:18).  Pertengkaran dan permusuhan seringkali terjadi ketika ada pihak yang tidak sabar alias mudah tersulut emosi.  Oleh karena itu  "Jika amarah penguasa menimpa engkau, janganlah meninggalkan tempatmu, karena kesabaran mencegah kesalahan-kesalahan besar"  (Pengk. 10:4).
f.         MENGAMPUNI
Pengampunan adalah intisari iman Kristen. Kalau ibarat orang dagang, maka jualan utama kekristenan adalah : pengampunan!!! Menjadi orang Kristen berarti diampuni dan diterima oleh Allah. Menjadi orang Kristen berarti juga bersedia mengampuni dan menerima orang lain tanpa syarat! Mengampuni berarti melakukan dua hal, yakni: (1) Membebaskan : membuat orang yang berhutang (bersalah) bebas dari segala konsekuensi (hukuman) yang sebenarnya harus ditanggungnya. (2) Menghapuskan : menganggap hutang (kesalahan) itu sudah diputihkan. Dua hal tersebut membebaskan dan menghapuskan dosa (kesalahan) dilakukan Tuhan atas hidup kita saat kita percaya kepada Kristus. Demikian juga hendaknya kita melakukan hal itu kepada sesama kita. Sederhanya kita harus MENJADI ORANG YANG MUDAH MELEPASKAN PENGAMPUNAN.
Menurut hasil penyelidikan Frederic Luskin Ph.D dari universitas Stanford Amerika, tanda-tanda orang yang mudah mengampuni adalah: 1) Mereka tidak mudah tersinggung saat diperlakukan tidak menyenangkan oleh orang lain. 2) Mereka tidak mudah menyalahkan orang lain ketika hubungannya dengan orang tersebut tidak berjalan seperti yang diharapkan. 3) Mereka punya penjelasan rasional terhadap sikap orang lain yang telah membuat mereka tersinggung.
g.       MENGENAKAN KASIH SEBAGAI PENGIKAT YANG MEMPERSATUKAN DAN MENYEMPURNAKAN
Jemaat Kolose adalah jemaat yang heterogen. Ada banyak suku bangsa di jemaat itu (ayat 11) berarti juga ada perbedaan latar belakang, perbedaan budaya, karater, pola pikir dan sebagainya. Adanya berbagai perbedaan itu rawan menimbulkan konflik, pertentangan dan pertengkaran di antara sesama anggota jemaat. Dalam keadaan yang demikian, apakah mungkin jemaat Kolose dapat mewujudkan kesatuan sebagai umat Tuhan dan persekutuan yang baik di antara sesama anggota jemaat? Mungkin saja. Sekalipun banyak perbedaan asal ada kasih, jemaat Kolose dapat mewujudkan kesatuan dan persekutuan yang indah. Karena itu, kenakanlah kasih. Sebab kasih itu mempersatukan dan menyempurnakan. Demikian pula dengan keluarga, keluarga itu terdiri dari beberapa individu yang berbeda. Perbedaan itu dapat menimbulkan konflik dan pertengkaran. Tetapi kalau ada kasih dalam keluarga itu, sekalipun masing-masing anggota keluarga berbeda, keluarga akan dapat bersatu dan utuh, sebab kasih itu sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan. Ungkapan kasih itu mempersatukan dan menyempurnakan, mengandung arti bahwa kasih itu mempunyai kekuatan yang luar biasa, yaitu kekuatan yang memampukan kita untuk membuang segala sifat buruk kita dan memampukan kita untuk mewujudkan kesatuan dan persekutuan yang indah dalam keluarga. Bukan berarti kalau ada kasih maka tiada perbedaan, perbedaan tetap ada tetapi kasih membuat masing-masing anggota keluarga dapat menerima perbedaan itu. Adanya kasih bukan berarti tidak ada pertengkaran, pertengkaran tetap saja bisa terjadi di antara sesama anggota keluarga, tetapi kasih membawa setiap anggota keluarga untuk dapat saling memafkan sehingga terwujud perdamaian. Pdt. Stephen Tong pernah mengatakan: “cekcok kecil bahagia, cekcok besar bahaya, tidak pernah cekcok omong kosong”. Kasih yang demikian, harus dikomunikasikan dan diekspresikan. Kata “kenakanlah” yang dipakai di sini, berkenaan dengan pakaian (jubah). Jadi ini berarti kasih itu harus dipakai dan dipraktekkan. Kasih itu bukan sekedar teori melainkan harus dikomunikasikan dan diekspresikan. Bukan dengan sekedar kata-kata yang indah tetapi juga dalam sikap hidup. Sedikitnya ada 3 sikap “saling” sebagai ekspresi kasih, yaitu: saling memperhatikan, saling menerima dan saling memaafkan. Kalau saat ini, kita merasa bahwa kasih sudah mulai luntur bahkan sirna dalam keluarga kita. Mari kita memohon agar Tuhan mencurahkan kasih dalam keluarga kita. Dan kenakanlah kasih itu, sebab kasih itu mempersatukan dan menyempurnakan.

3.       Dari paparan di atas, maka jelaslah bagi kita sekarang bahwa kita dipanggil menjadi orang-orang pilihan ALLAH. Karena itu, mari belajar banyak dan mempraktikkan sebagai orang-orang pilihan di tengah-tengah keluarga, gereja dan masyarakat.


Yogyakarta, 25 Agustus 2013


Ramli SN Harahap
Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)
Yogyakarta
www.ramlyharahap.blogspot.com