Jumat, 15 April 2011

Renungan Harian : Yohanes 15 : 16

widgeo.net
ALLAH MEMILIH KITA

Pilih dan memilih adalah hak azasi seseorang. Memilih berarti kita diberi kesempatan menentukan sikap atas sesuatu. Dipilih berarti kita menjadi objek yang harus mengemban tugas dari para pemilih. Memilih berarti kendali berada pada kita. Dipilih berarti kendali  berada pada orang lain.

Tuhan memilih kita. Itu artinya, Tuhan berkehendak bebas menentukan kebijakanNya untuk dikerjakan oleh orang yang dipilihNya. Tuhan memilih berarti Tuhan yang mengendalikan dan kita menjadi objek pilihan sehingga kita menjadi pelaku dari kebijakan Allah.

Untuk apa kita dipilih Tuhan? Pertama, untuk pergi. Kita pergi berarti keluar untuk menyelesaikan tugas Allah yang belum rampung di dunia ini. Kasih Allah akan dunia ini sudah sempurna, tetapi kasih Allah di dalam dunia ini belum sempurna. Untuk menyempurnakan kasih Allah di dunia ini maka kita disuruh untuk pergi menyempurnakannya. Kedua, untuk menghasilkan buah. Kita dipilih agar kita menghasilkan sesuatu. Menghasilkan buah. Buah yang kita hasilkan bukanlah buah yang hanya sekali berbuah. Tetapi buah yang kita berikan adalah buah yang tetap. Artinya, buah kita harus terus menerus memberikan hasil. Apa artinya ini? Kita diharapkan memberikan perhatian dan pikiran, ide, dan waktu serta tenaga bahkan uang kita untuk pekerjaan Tuhan yang terus menerus. Bukan hanya sekali memberi saja. Melainkan terus menerus memberikan untuk pekerjaan Tuhan.

Apa guna dan manfaatnya? Jika kedua perkara diatas kita kerjakan dengan baik, maka Tuhan akan memerikan kepada kita apa yang kita minta, apa yang kita mau. Luar biasa bukan. Dengan demikian sinkronlah ayat ini dengan "Berilah maka kami akan diberi". Kita dituntut Tuhan untuk memberikan yang terbaik kepada Tuhan, maka tugas Tuhan ialah memberikan apa yang kita perlukan. Semoga kita berhasil.

Nada hamu mamili Au. Au do na mamili hamu jana Husuru hamu kehe anso ramos hamu marbatu -- i ma parbatu na denggan. Dung i lehenon ni Damang ma di hamu sanga aha pe na nipangidomunu markite-hite goarKu.
Johannes 15 : 16

Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.
Yohanes 15 : 16


BEAM No.141  : 1, 2

ü  Sada parsigantunganta na mate harani dosanta
Ditobus do tondinta i.
Roha bo pamatangnami di Ho o Jesus Tuhannami
Ma sonang hai ditanganMi
Sai jagit ma sude pature ma muse rohanami
Ulang buni sinondangMi di hami na di tanganMi.


ü  Nada hami na mamuldit jumolo Ho mamuldit hami,
Dibaen por ni rohaMi
Na soada gogonami, so tumbuk sada sian hami
Manjama karejoMu do
TondiMu lehen ma di hai asa tama langkanami
Na so gogo, tarbaen do manaon bo mangihut Ho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar