Jumat, 01 November 2013

Renungan hari ini: Roma 1:17

widgeo.net
 
Renungan hari ini:
Roma 1:17 Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: "Orang benar akan hidup oleh iman."

Romans 1:17 For in it there is the revelation of the righteousness of God from faith to faith: as it is said in the holy Writings, The man who does righteousness will be living by his faith.

Hari ini kita mengenang 496 tahun Reformasi Martin Luther di Jerman. Reformasi ini menimbulkan pertikaian antara Gereja Katolik Roma (GKR) dengan Protestan. Kedua Gereja ini saling mengutuk. Jika umat Katolik menikah dengan Protestan, maka Gereja Katolik akan mengeluarkan mereka dari Gereja. Begitu juga sebaliknya. Perseteruan ini berlangsung hingga lima abad lamanya.

Perseteruan ini mulai dibahas agar tidak lagi saling MENGUTUK sejak Konsili Vatikan II. Dialog yang intensif dilakukan demi untuk mengakhiri perseteruan ini. Akhirnya, pada 31 Oktober 1999 di Augsburg, GKR dan Lutheran (baca: Protestan) menandatangani sebuah dokumen yakni "DEKLARASI BERSAMA TENTANG AJARAN PEMBENARAN". Inti dari deklarasi ini adalah kedua Gereja MENGAKHIRI KUTUKAN di antara kedua belah pihak.

Selamat merayakan Reformasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar