Selasa, 11 Oktober 2011

Ayat Harian: Kejadian 35 : 2

widgeo.net
 JAUHKANLAH DEWA-DEWA ASING

Dewa adalah sesembahan yang dianggab ilahi dan mampu memberikan sesuatu kepada yang mempercayainya. Dewa menjadi sesuatu yang perlu bagi penganutnya. Wujud dewa biasanya terbuat dari patung atau berhala. Artinya dijadikan oleh tangan manusia dan dikeramatkan menjadi sebuah dewa yang mampu memberi sesuatu. Dulu pada zaman Yakub dewa-dewa ini banyak ditemukan dalam keberimanan bangsa Israel. Hal ini sangat mengganggu hati Yakub dalam rangka membawa umat Israel menyembah Allah yang Esa sebagai Allah yang Ilahi yang mampu memberikan segalanya. Karena itu, Yakub memberikan contoh kepada umat Israel dengan mengatakan sebuah pernyataan iman, "Jauhkanlah dewa-dewa asing yang ada di tengah-tengah kamu, tahirkanlah dirimu dan tukarlah pakaianmu". Pernyataan iman ini menjadi kekuatan dasar bagi Yakub mengarahkan umat Israel menyembah Allah Abraham, Yakub dan Isak. Hal ini perlu kita teladani. Kita harus mempunyai komitmen bersama seluruh kelurga kita untuk tetap menyakini dan mempercayai Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita. Dengan komitmen ini maka kita akan bisa menyakinkan orang lain beriman yang sama dengan kita. Marilah kita memberi teladan iman yang baik agar orang lain meneladani kita. Semoga!

Jadi didok si Jakob ma tu halahi na sabagas dohot tu sude halaknia, "Ambungkon hamu ma sandok dewa na asing na adong ditiop hamu; paias hamu ma dirimunu jana pake hamu ma pakean na ias.
Pamungkaan 35 : 2

Lalu berkatalah Yakub kepada seisi rumahnya dan kepada semua orang yang bersama-sama dengan dia: "Jauhkanlah dewa-dewa asing yang ada di tengah-tengah kamu, tahirkanlah dirimu dan tukarlah pakaianmu.
Kejadian 35 : 2

BEAM No.276 : 1-2
 
Hu somba Ho Tuhan, tangihon au Roha-Mu ma tongtong, pasaut tu au
Sai mur tamba i ma, holong ni rohangki, anso tongtong holong tu Ho
         
Taran na lilu au dao sian Ho, sai dilului Ho au laing dumpang do
Hara ni holong do, rohangkinon di Ho, sai mur tambai holong tu Ho


Tidak ada komentar:

Posting Komentar