Jumat, 14 Oktober 2011

SERMON PARHOBAS DUA RESORT

widgeo.net
SERMON PARHOBAS DUA RESORT

 


Sermon Dua Resort yang dilaksanakan sekali dua bulan merupakan kegiatan bersama dari GKPA Resort Medan Barat dan GKPA Resort Medan Timur yang telah dimulai sejak 1980-an. Tujuan utama pertemuan ini adalah untuk meningkatkan hubungan para parhobas di kedua resort ini baik dalam keadaan suka maupun duka.

Dalam pertemuan ini, diisi dengan pembinaan bagi para Parhobas oleh para pendeta yang melayani di dua resort ini.
Pada Jumat, 16 September 2011 yang lalu pertemuan ini dilaksanakan di rumah dinas Pdt.Resort Medan Barat yang dihadiri 30 orang peserta. Tema yang dibahas dalam pertemuan ini adalah “MEZBAH KELUARGA”. 

Dalam uraiannya, Praeses menguraikan bahwa mezbah keluarga adalah sarana dimana kita berdoa bersama-sama dengan anggota keluarga. Dikatakan mezbah maka paling tidak ada dua hal yang muncul yaitu ada tempat yang disediakan untuk kita berdoa baik itu di kamar, di ruang tamu pokonya tempat kita dapat berkumpul dengan anggota keluarga dan yang kedua adalah ada yang dikorbankan. Habel mempersembahkan persembahan dan Abraham juga mempersembahkan korban demikian juga dalam mezbah keluarga ada yang dipersembahkan yaitu pujian, Firman dan doa-doa serta ucapan syukur didalam keluarga itulah mezbah keluarga.

Lebih dalam, Paeses Sibarani mengatakan bahwa dalam mezbah keluarga bukan hanya doa dan pujian tetapi ada berkat yang dahsyat yang dapat dirasakan antara anggota keluarga. B erkat itu bukan hanya materi sekalipun kita harus punya keyakinan bahwa Allah sanggup memelihara dan memberkati kita lewat berkat Abraham (materi). Paling tidak ada beberapa hal yang dapat terjadi saat kita melakukan mezbah keluarga :
a.    Kita sedang belajar untuk melayani; saat mezbah dilakukan maka kita saling mendoakan baik pergumulan ataupun pokok-pokok doa yang lain disitulah adanya pembelajaran mengenai pelayanan.
b.    Adanya pelatihan rohani. Didalam mezbah kita akan banyak belajar memimpin doa , memimpin pujian maka hasilnya dapat dirasakan dengan segenap hati mereka pada akhirnya dapat berdoa.
c.    Terjalin kerukunan. Saat kita berdoa maka terjalin adaanya kerukunan dan keterbukaan bahwa mereka ini satu dan saling membutuhkan. Maka ditulah berkat siap tercurah . Pemazmur mengambarkan jika ada kesatuan maka ada berkat yang tersedia ( Mazmur 133). Seperti dari Hermon ke Sion sehingga Allah memerintahkan berkat atas kita.

Usai pembinaan, maka Pengurus Sermon Dua Resort Gr.Leder Aritonang (Ketua) menjelaskan program kerja dan rencana pertemuan selanjutnya, yakni pada Nopember 2011 di GKPA Jl.Pelita II Medan. Tema yang akan dibahas dalam pertemuan ini adalah “MAKNA LITURGI GKPA DULU DAN MASA KINI”. Tema ini akan diulas dan dibahas oleh Pdt.GKPA Resort Medan Barat (rsnh).







Tidak ada komentar:

Posting Komentar