BLOG INI BERSIFAT TERBUKA UNTUK DIKOMENTARI DAN DIKRITISI DEMI KEMAJUAN WAWASAN BERPIKIR, DAN BERTEOLOGI MASA KINI
Sabtu, 10 November 2012
LAPORAN BACA BUKU MINGGUAN
1.Philip
D. Kenneson, There’s No Such Thing as Objective Truth,
and It’s a Good Thing, too, dalamTimothy R.Phillips & Dennis L.Okholm
(Eds.), Christian Apologetics in the
Postmodern World, (InterVarsity
Press, 1995), Bab 8
TIDAK ADA SESUATU SEBAGAI KEBENARAN YANG OBJEKTIF
DAN INI SESUATU YANG BAIK JUGA
Pada awal paparannya
Philip D. Kenneson memaparkan tentang posisinya terhadap kebenaran objektif.
Dia menduga bahwa pembaca artikelnya akan mencurigainya sebagai orang yang membela Injil. Karena itu Kenneson menegaskan kepada pembaca bahwa
dia bukan seorang relativis. Karena menurutnya relativisme itu tidak membawa banyak kenyamanan. Dengan kata
lain, seseorang dapat membela kebenaran obyektif atau relativisme hanya dengan
asumsi adalah mungkin bagi manusia untuk mengambil "pemandangan dari
mana-mana", tapi
dia tidak percaya bahwa
sesuatu dapat "dilihat dari mana-mana". Bahkan Kenneson mengajak orang agar
tidak percaya pada kebenaran obyektif atau relativisme, karena teori ini merusak gereja
dan membuang-buang waktu yang berharga dan energi dari banyak orang Kristen.
Melucuti kebenaran kuno
Menurut Kenneson kita
perlu melucuti pemikiran-pemikiran kuno dari dalam diri kita. Seperti yang
dilakukan oleh Peter C. Moore. Moore ketika melucuti pemikiran kuno dari dalam dirinya,
maka dia mampu meninggalkan obyektivisme.
Medel Korespondensi
Kebenaran bukanlah satu-satunya pilihan paradigma
Kenneson juga mengatakan
bahwa model teori korespondensi kebenaran bukanlahsatu-satunya opsi atau pilihan paradigma.Pemikiran ini dicontohkannya dari pemikiran epistemologis
Richard Bernstein tentang
"kecemasan Cartesian". Kita bisa bertanya:
Mengapa bukankeraguan hal yang mendasardaripada kepercayaan? Apakah yang terjadi jika seseorang
mulai dengan pandangan semua pengetahuan berakar pada kepercayaan? Pertama,
pertanyaannyaakan terpusat pada: Siapa
yang harus dipercayai? Dengan memahami pemikiran seperti ini maka kita akan meninggalkan
pandangan Pencerahan dan teori korespondensi kebenaran. Hal ini akan semakin menarik
pemikiran Kenneson karena menurutnya kita tidak begitu banyak
berdebat melawan gagasan kebenaran obyektif yang menghasilkan dikotomi antara
"tujuan" dan "subyektif". Artinya, paradigma lama pengetahuan dan kebenaran
adalah jalan buntu yang tidak perlu dipertahankan.
Menurut Kenneson, salah
satu alasan banyak orang Kristen yang ragu-ragu untuk meninggalkan paradigma ini
adalah mereka tidak yakin bagaimana memahami kehidupan mereka sendiri tanpa kebenaran itu sendiri. Bagaimanakah kehidupan orang
Kristen jika tidak hidup didedikasikan untuk "kebenaran obyektif"? Karena itu Kenneson menduga banyak
orang Kristen takut mengadopsi model pemikirannyakarena dengan memakai pemikirannya seolah-olah tidak ada lagi kesempatan untuk
menginjili.
Untuk memahami kebenaran
itu, Kenneson menggambarkan hubungan manusia dengan Tuhan, Menurutnya, "Sesungguhnya
ada beberapa hal yang 'benar' secara independen dari apa yang manusia percayai.” Posisi manusiakelihatan seolah-olah kita membuat hal-hal
'benar,' seolah-olah kita menentukan realitas. Kami percaya bahwa Tuhan itu ada
secara independen.
Karena itu sesuatu yang disebut Kebenaran ada "di luar
sana" menunggu diwujudnyatakan
dalam bahasa.
Untuk memahami posisi manusia,
Kenneson mengutip pemikiran Richard Rorty, yang mengatakan:
Kita perlu membuat perbedaan antara dunia dan Tuhan di luar sana dan
kebenaran ada di luar sana. Untukmembuktikan bahwa kebenaran bukan di
luar sana sangatlah
sederhana yakni di mana tidak ada kalimat,di sana pasti tidak ada kebenaran.Kalimat adalah unsur bahasa manusia, dan bahasa
manusia adalah ciptaan manusia. Kebenaran tidak bisa berada di luar sana -
tidak bisa eksis secara independen dari pikiran manusia - karena kalimat tidak
bisa ada, atau berada di luar sana. Dunia dan Allah di luar sana, namun deskripsi
tentang dunia dan Tuhan tidak di luar. Hanya deskripsi dari dunia dan Allah
bisa benar atau salah.
Dengan pemikiran tersebut
Kenneson mencoba model yang berbeda dari kebenaran. Dalam model
seperti itu, kebenaran yang tak terpisahkan dengan bahasa manusia, terkait erat
dengan masalah-masalah penegasan dan penghakiman. Kenneson berpendapat bahwa penganut
paham model korespondensi kebenaran ini adalah kaum injili.Hal ini terbukti dari banyak buku yang mereka terbitkan untuk menyerang
relativisme dan subjektivisme atas nama kebenaran obyektif. Sebagai contoh, Kenneson berpendapat klaim
kebenaran tidak dapat dipisahkan dari bahasa manusia. Kenneson juga melihat dalam dalam
karya James Sire. Sire percaya bahasa dalam urusan manusia mengarah ke
"relativisme radikal" di mana "ilmu pengetahuan tidak memiliki
status istimewa". Menurut
Kenneson, kebenaran obyektif tidak ada hubungannya dengan relativisme. Namun demikian Kenneson tidak
sepenuhnya mendukung Sire.
Sire melihat baik Kenneson
dan Rorty adalah orang penganut paham relative. Karena itu, untuk menyangkal
anggapan ini, Kenneson mengutip pendapat Rorty yang megatakan:
"Relativisme"
hanyalah ikan merah. Realitivis memproyeksikan kebiasaan pemikiran mereka sendiri
kepada kami ketika mereka mengatakan kami relativisme. Bagi orang realis berpikir bahwa
inti dari pemikiran filosofis adalah untuk melepaskan diri dari setiap
komunitas tertentu dan melihat ke bawah dari sudut pandang yang lebih
universal. Ketika orang
realis mendengar bahwa ada orang-orang dari kita yang
menolak keinginan untuk suatu sudut pandang yang berbeda, dia tidak bisa percaya.
Ia berpikir bahwa setiap orang, jauh di dalam hati, harus mau melepaskan hal tersebut. Kita hanya bisa dikritik karena etnosentrisme, bukan untuk
relativisme. Untuk menjadi etnosentris adalah untuk membagi umat manusia
menjadi orang-orang kepada siapa kita harus membenarkan keyakinan seseorang.
Kelompok pertama - ethnos seseorang - terdiri dari orang-orang yang berbagi dengan orang
percaya untuk membuat percakapan yang menghasilkan buah.
Dalam pengertian ini, semua orang bisa menjadi etnosentris ketika mereka terlibat
dalam perdebatanaktual.
Kebajikan-kebajikan dari
Paradigma Alternatif Kebenaran
Kenneson tidak
ingin berhenti dengan
mengatakan bahwa orang Kristen tidak diwajibkan untuk menerima paradigma lama tentang kebenaran. Dia ingin menegaskan
bahwa orang Kristen kontemporer akan lebih baik tanpa pengertian tersebut, di
mana "lebih baik" memiliki ide yang jelas tentang apa artinya menjadi
seorang Kristen dan apa
artinya menjadi gereja. Ada
beberapa saran Kenneson
tentang bagaimana kehidupan Kristen dalam paradigma alternatif:
Pertama, gereja
menjadi batu ujian yang sangat diperlukan.Dalam model
seperti itu, gereja memiliki kata untuk berbicara kepada dunia bukan karena
memiliki pesan obyektif benar. Sebaliknya, gereja memiliki kata untuk berbicara kepada
dunia karena mewujudkan suatu politik alternatif. Titik pusat praktik dan kebajikan
masyarakat diwujudkan
dalam karakter
Allah yang melayani seperti
pengampunan, rekonsiliasi, perdamaian pembuatan, kesabaran, kejujuran,
kepercayaan, kerentanan, kesetiaan, keteguhan, dan kesederhanaan hidup.
Kedua, kepercayaan dan
keyakinan tidak direndahkan sebagai kelas dua dari pengetahuan atau pendapat, tetapi diakui
sebagai yang kita punya dan pernah miliki. Ini berarti
kita bisa berhenti berbicara tentang sesuatu yang "hanya" sebuah
keyakinan, sebuah ungkapan yang kekuatannya terlihat ketika sesuatu tampak lebih stabil.Misalnya, jika putri kita berumur dua
puluh tahun apakah ia
sudah dapat dipercayai. Pada
model korespondensi ini harus menjadi keyakinan, karena tidak ada tes netral
untuk memeriksa apakah proposisi "Putriku dapat dipercaya". Yang bisa kita katakan,
"Saya tahu bahwa putri saya dapat dipercaya". Pada pandangan
seperti itu, keyakinan kita
sebenarnya dianggap sebagai semacam angan-angan:"Saya berharap
putri saya dapat dipercaya". Tetapi jika kita menjatuhkan paradigma lama dan
mulai mempertimbangkan percaya dan keyakinan sebagai kebiasaan maka pergeseran yang
menarik akan terjadi.
Keyakinan kita tentang
kepercayaan terhadap putri kita menjadi semacam
penjelasan mengapa kita tidak melakukan
hal-hal tertentu.
Dengan memperhatikan hubungan antara kebenaran dan keyakinan dalam
paradigma baru ini, kebenaran menjadi internal pada keyakinan. Pergeseran
tersebut memiliki konsekuensi yang sangat besar untuk bagaimana kita berpikir
tentang keyakinan. Tetapi
di bawah paradigma baru, seperti pengakuan memerlukan sesuatu yang sangat
berbeda: bahwa kita selalu tahu dengan pasti apa yang benar, karena kita selalu
dalam cengkeraman keyakinan tertentu. Dan ini adalah kasus meskipun apa yang
kita pasti tahu dapat berubah jika dan ketika keyakinan kita berubah.
Kenneson juga mengakui
bahwa ada banyak cara lain di mana keyakinan akan melayani
komunitas Kristen yang lebih baik. Seperti kerendahan hati yang tidak
mengharuskan kita untuk tetap diam sama sekali, tapi mungkin mendorong kita
untuk menyisihkan beberapa jenis pertanyaan. Misalnya, setelah kita membebaskan
diri dari struktur
epistemologi, kita bisa belajar untuk menyisihkan pertanyaan seperti: "Tapi
bagaimana Anda tahu apa yang Tuhan inginkan dari kita?" Dengan cara yang
sama kita menyisihkan pertanyaan seperti: "Bagaimana Anda tahu bahwa Jones layak bersahat dengan Anda"?
Bagaimana Anda tahu bahwa Yeats adalah seorang penyair penting, Hegel seorang
filsuf penting dan Galileo seorang ilmuwan penting?"Seperti Rorty
mengingatkan kita, tidak ada cara untuk membungkam keraguan tentang hal-hal
seperti itu, karena mereka yang membuat pertanyaan tersebut meminta posisi
epistemik.Kenneson berpendapat, kadang-kadang
orang harus menghindari menjawab pertanyaan epistemologi“Bagaimana Anda tahu?" dan merespon bukan dengan bertanya: “Mengapa Anda
bicara seperti itu?” Langkah
seperti itu, diyakini
Kenneson sebagai keuntungan besar bagi komunitas Kristen.
Ketiga, paradigma baru memaksa mencari
otorisasi yang berbeda untuk kesaksian kita. Di masa lalu,
apologet Kristen
sering mencari otorisasi dengan bersikeras bahwa apa yang mereka katakan adalah
benar obyektif. Disisi
lain, orang-orang Kristen bersikeras bahwa Injil itu benar obyektif terlepas
dari bagaimana kita hidup. Paradigma Kenneson menganjurkan bahwa semua klaim kebenaran
memerlukan penerimaan luas atas kesaksian mereka yang terpercaya dan dengan demikian mereka memiliki otoritas kesaksian.
Tantangan Para Apologet Menghadapi
Gereja
Kenneson
menjelaskan bahwa para apologet banyak menghadapi tantangan dari pihak Gereja.
Kenneson mencontohkannya ketika ada banyak
orang Kristen berpikir untuk mengatakan proposisi "Yesus Kristus adalah
Tuhan alam semesta" secara obyektif benar. Tapi jika kita
menerima pernyataan ini dengan mudah sedemikian rupa, maka akan mematikan gereja. Tidak ada tempat untuk berdiri dan
menilai pernyataan ini dengan benar.Tapi harus kita katakan bahwa pernyataan seperti itu
hanyalah salah satu pendapat di antara
banyak pandangan. Kita lupa klaim kebenaran "Yesus Kristus adalah Tuhan alam
semesta" adalah kalimat abad keduapuluh. Apa artinya mengatakan bahwa kalimat berikut ini "objektif
benar": "Yesus dari Nazaret, seorang Yahudi abad pertama, adalah
Mesias yang dijanjikan Allah yang datang ke dunia untuk mendirikan sebuah kerajaan di mana ia akan memerintah”. Untuk membuat klaim dimengerti,
apalagi benar, seseorang harus memiliki komunitas historis konkret dengan
kata-kata mereka dan kebutuhan menarasikan kisah ini dengan cara yang
memberikan beberapa substansi untuk itu. Kita tahu siapa Yesus atas dasar saksi
manusia untuk sejarah hubungan Allah dengan umat Allah, yang dimediasi kepada
kita, tidak obyektif, tetapi melalui komunitas manusia animasi oleh Roh Kudus.
Kita tidak bisa tahu apakah
"ketuhanan" terpisah dari komunitas iman yang sehari-hari berusaha
untuk mewujudkan klaim Tuhan dalam hidup mereka.
Menurut
Kanneson tantangan itu terlihat ketika gereja diperhadapkan dengan pelaksanaan
tugas pemberitaan Injil bagi seluruh bangsa. Hal ini dicontohkannya dengan apa
yang dihadapi oleh gereja kontemporer Amerika. Tantangan
itu misalnya"Bagaimana gereja dapat membuat kebenaran Injil menarik
dalam budaya pluralistik yang mencakup relativisme”. Salah satu bagian favorit apologet Kristen kontemporer adalah 1 Petrus 3:15, yang mendesak
orang Kristen "selalu siap sedia
pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang
meminta pertanggungan jawab".
Tanggapan dan Refleksi
Kebenaran bukanlah hasil
dari sebuah proses berpikir yang diungkapkan melalui kata-kata, namun lebih
dari itu, kebenaran berbicara tentang fakta dan realita yang menunjuk kepada
eksistensi manusia itu sendiri dalam hubungannya dengan Tuhan (Allah), diri sendiri
dan masyarakat sekitarnya. Kebenaran harus dipahami di dalam konteks yang
benar, hingga kebenaran itu mampu diaplikasikan di dalam kehidupan setiap hari,
dengan konsep dan perilaku yang benar.
Pergeseran pemahaman
tentang kebenaran, tentu mempengaruhi pola dan tingkah laku masing-masing orang
di dalam kehidupan bermasyarakat. Seseorang yang hidup bermasyarakat bisa
bertindak menentang hukum, atau melanggar hak-hak asasi orang lain dengan dalih
melakukan hal yang benar. Ini tentu merugikan orang lain. Ada begitu banyak
contoh yang terjadi di sekitar kehidupan kita yang mencerminkan pola dan
perilaku seperti demikian.
Pertanyaan yang mengemuka
adalah: Di dalam kemajemukan masyarakat dan kompleksitas permasalahan yang
terjadi di dalamnya, masih adakah kebenaran sejati? Bisakah seseorang hidup di
dalam kebenaran yang sejati di dalam konteks kemajemukan masyarakat seperti
ini? Pergumulan ini hanya bisa dijawab jika kita memikirkan ulang tentang
kebenaran di dalam kerangka hubungannya dengan Allah, diri sendiri dan
masyarakat.
Kebenaran
objektif-filosofis secara sederhana dipahami sebagai kebenaran yang mandiri.
Itu adalah kenyataan yang sesuai dengan objek itu sendiri, yang tidak
dipengaruhi atau bergantung pada apapun di luar dirinya. Seperti “4:3”, secara objektif
ia haruslah memiliki nilai “benar” mandiri yang tidak dipengaruhi oleh
pendekatan apapun. Namun kenyataannya, bahkan untuk persoalan matematis seperti
persamaan yang sederhana tersebut dapat dimiliki beberapa nilai (baca: jawaban)
yang “berbau” subjektif; karena meski masih tetap didasarkan pada
prinsip-prinsip yang dapat dibenarkan secara objektif, namun masih bergantung
pada kesepakatan (baca: pendekatan yang “dapat dianggap” benar; dibenarkan).
3,99999 bukan 4! Bagaimana dengan fakta-fakta yang lain seperti “rasa jeruk”
atau “rasa ikan bakar”?
Bagaimana
dengan kebenaran agamis? Jangankan itu, Studi-studi yang dikenal sangat ilmiah
seperti Matematika sekalipun jelas memiliki nilai-nilai pendekatan maksimal
yang dipikirkan seobjektif mungkin. Sekali-lagi, seobjektif mungkin bukan
berarti bahwa nilai (baca: kebenaran matematis misalnya) tersebut benar-benar
sesuai dengan “kenyataan objeknya”. Dan di sini jelas bahwa “problema objektif”
yang dimaksud tidak harus sama pada tiap-tiap studi yang dibicarakan, sejak
masing-masing Studi memiliki karakteristik “keilmiahannya” sendiri.
Seperti
studi lainnya, teologia yang berbasiskan objek-objek agamis memiliki
karakteristik studinya sendiri. Dengan kata lain, teologia menempatkan dirinya
sebagai salah satu studi-ilmu yang mengamati objeknya yang beraneka ragam dalam
lingkupnya dengan prinsip-prinsipnya yang khas; sebagaimana Seni dengan
nilai estetikanya atau Filsafat dengan struktur logikanya seperti bentuk-bentuk
silogismenya, misalnya. Dan bila kita membicarakan “kebenaran agama” (di mana
yang saya maksudkan terutama “Agama Langit” atau “Agama Pewahyuan” mengingat
dikenal juga pembedaan-pembedaan seperti Agama Filsafat dan Agama
Suku/Kebatinan. Misalnya kita juga sedang membicarakan kitab-kitab suci ‘yang
bersangkutan’. Artinya apa? Kebenaran-kebenaran yang “dinilai” dari/atau objek
yang diamati teologia dalam kajian studinya adalah apa-apa yang tertulis dalam
kitab suci. Objek teologia terutama adalah Alkitab! Jika teologia mengamati
(baca: memikirkan) – tentang – Tuhan, apakah teologia menjadikan Tuhan sebagai
objek yang diamatinya? Begitu pentingnya arti Kitab Suci tersebut bagi teologia,
maka ketika seorang teolog mengamati (=menilai) suatu realita di sekitarnya, ia
sejatinya akan kembali kepada apa yang dicatat dalam kitab yang dimaksud.
Pertanyaannya, apakah Kitab Suci tersebut menjadi objek atau subjek bagi sang
Teolog? Bagaimana dengan kita, para teolog “kecil”, yang berusaha untuk menilai
‘sisi agamis’ suatu objek/realitas dengan prinsip-prinsip yang semaksimal
mungkin didasarkan pada objektivitas kitab suci yang kita yakini, apakah
penilaian kita dikatakan objektif atau subjektif?
Dalam
sejarah yang juga tercatat di dalam Alkitab, “fenomena” bagi Objektif vs
Subjektif ini juga bisa dilihat dalam penetapan hukum-hukum Taurat di dalam
agama Yahudi. Hukum-hukum seperti ‘larangan mencuci piring’ di hari Sabath
(Sabtu) misalnya yang kemudian ditentang oleh Sang Revolusioner, Yesus Kristus
dari Nazareth. Hukum yang dikatakanNya sebagai peraturan legalistik yang
ditetapkan oleh para pemuka agama Yahudi, dan bukan Tuhan. Dapat dikatakan
dalam “kacamata” fokus di sini, detail hukum-hukum yang kemudian
ditetapkan oleh lembaga agama Yahudi tersebut di masa itu memiliki “bau
subjektif” para pemuka agama yang lebih menyengat ketimbang “aroma objektif”
dari prinsip kebenaran dari hukum Musa yang berkaitan, yang dikenal juga
sebagai dasatitah atau 10 Hukum Taurat. Namun, sekali lagi jelas bahwa
itu salah satunya disebabkan oleh kondisi objek dan
hubungan-hubungannya seperti yang disebutkan diatas. Artinya, oleh fakta
sedemikian, dari perspektif kenyataan itu, kebenaran agama tidak dapat tidak
adalah kurang tepat bila dikatakan sebagai kebenaran objektif, melainkan
kebenaran subjekti yang diupayakan seobjektif mungkin. Yaitu bersesuaian dengan
objeknya, kitab (suci), atau tepat sebagaimana yang dikatakanNya; karena
sejatinya Tuhanlah yang menjadi Subjek dalam hal ini. Jadi, benarkah Kebenaran
Agama Itu Subjektif? Bahkan, agama-agama Filsafat dan Kebatinan sekalipun tidak
terlepas dari fakta Subjektifisme sedemikian sejak mereka “bersandar” pada
pemikiran sendiri ataupun manusia lain yang dianggap sebagai “orang-orang yang
bukan seperti kita”.
Terakhir,
dengan menyadari kesubjektifan yang ‘tak terhindarkan’ itu, apakah yang akan
kita lakukan terhadap orang lain yang juga sama “orang” seperti kita namun
memiliki pemahaman akan kebenaran yang berbeda dengan kita? Akankah kita
menjadi satu-satunya subjek yang paling benar ataukah kita, jika sungguh
menyadari itu, “membiarkan” Tuhan menjadi satu-satunya Subjek di antara kita?
Tanpa
mengabaikan “persamaan kemanusiaan” di antara kita, saya lebih senang mengikuti
“kearifan lokal” sang Filsuf, Soren Kierkegaard, bahwa untuk kebenaran agamis,
yang terpenting bukanlah apa yang dianggap benar oleh orang melainkan apakah
kebenaran itu perlu bagiku. Bukan kebenaran itu sesuai dengan kamu, dia, atau
mereka, melainkan apakah Kebenaran itu benar bagiku; berarti bagiku. Bila
berbeda, perbedaan itu bisa dibicarakan - jika mungkin, namun bukan untuk
dipertentangkan apalagi dijadikan alasan untuk berselisih. Jika TUHAN memang
satu-satunya Subjek bagi keobjektifan kita, maka siapakah yang pantas untuk
menilai perbedaan antara aku dan kamu? Siapakah yang pantas menjadi hakim di
antara kita?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar