Rabu, 30 Maret 2011

LAPORAN PERJALANAN DINAS SEMINAR PARTNERSHIP SE-ASIA HOTEL INNA PARAPAT

widgeo.net
LAPORAN PERJALANAN DINAS
SEMINAR PARTNERSHIP SE-ASIA
HOTEL INNA PARAPAT
21-26 MARET 2011




A.   Pendahuluan

Seminar Parnership Se-Asia ini merupakan Program Bersama yang dilaksanakan United Evangelism Mission (UEM) Asia. Seminar ini menghadirkan 15 gereja anggota UEM yang berada di wilayah Asia.
Seminar ini bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat persaudaraan di antara seluruh anggota UEM yang berada di Asia, Afrika dan Eropa.
Untuk mengikuti seminar ini, GKPA mengutus dua orang perserta, yakni: Pdt.A.L.Hutasoit,MA (Ephorus) dan Pdt.Ramli SN Harahap (Ka.Biro I GKPA).


B.   Kegiatan yang Dilaksanakan

Kegiatan ini dirancang untuk lima hari pertemuan yang dimulai sejak 22 Maret 2011. Ibadah pembukaan dipimpin Pdt.Burju Purba,DPS (Mantan Ephorus HKI). Seusai ibadah, Koordinator UEM Regional Asia, Pdt.Rhani Mercado menyampaikan kata sambutan yang mewakili ibu Sonia Parera-Hummel (Sekretaris Eksekutif UEM untuk Asia). Kemudian dia menjelaskan akan tugas-tugas yang hendak dicapai dalam seminar ini dan bagaimana bentuk pertemuan yang telah dirancang panitia. Panitia juga akan mengadakan “eksposur” ke berbagai lapanang partnership di wilayah Tarutung, Siborongborong, Balige dan P.Siantar.

Seminar ini memberikan banyak masukan dari berbagai nara sumber pada Selasa, 22 Maret 2011, yakni,
1.    UEM Evolution: From Foreign Mission to International Communion (Pdt.HM.Girsang--GKPS)
2.    UEM Parnership Evolution Process: Lesson & Recomendations (Pdt.Debora Sinaga--HKBP)
3.    UEM as Partnership: Its corporate Identity (Pdt.Rhanie Merchado --- UEM Regional Asia)

Pada Rabu, 23 Maret 2011 dibahas beberapa topik, yakni:
1. What is German in Partnership (Pdt.Matius Barus,MTh -- Ketua Moderamen GBKP)
2. Diskusi Kelompok
3. Pleno Hasil Kelompok

Kemudian pada Kamis, 24 Maret 2011, mengadakan perjalanan eksposur ke 4 daerah, yakni: Tarutung, Siborongborong, Balige, dan P.Siantar.

Pada Jumat, 25 Maret 2011 akan melaksanakan perjalanan Wisata keliling Danau Toba dan pada malam hari akan melaksanakan Culture Night dan penutupan Seminar yang akan dipimpin oleh Pdt.Gomar Gultom,MTh (Sekum PGI)

C.   Hasil yang Dicapai

  Pertemuan ini menghasilkan beberapa kesepakatan, antara lain:

1.      Setiap gereja anggota UEM terus meningkatkan hubungan partnership yang telah ada agar tidak terjadi ketidakharmonisan di dalam hubungan timbale balik.
2.      Setiap gereja anggota UEM harus merubah mental, dari mental menerima menjadi mental memberi.
3.      Setiap gereja anggota UEM harus mampu memberikan hal-hal yang berguna dalam hubungan partnership, seperti: mengadakan Minggu Partnership di setiap Juni tiap tahunna.
4.      Setiap gereja anggota UEM harus mampu melaksanakan program selatan-selatan, dan selatan-utara dalam hal berbagai issue.


D.   Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan:
Kemitraan merupakan sebuah hubungan yang sangat menguntungkan setiap gereja anggota UEM karena itu haruslah ditingkatkan hubungan kemitraan ini untuk hari yang akan datang

Saran:
Agar GKPA dengan sungguh-sungguh mempergunakan kemitraan ini dalam rangka menopang GKPA mencapai visi dan misinya di tengah-tengah dunia ini.

E.    Penutup

Demikianlah laporan ini diperbuat untuk dapat dibimbing dan diarahkan lebih baik lagi.
                                                                             

Dibuat di Padangsidimpuan
Pada tanggal 30 Maret 2011


A.n. Peserta Seminar,




RAMLI SN HARAHAP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar