Senin, 04 April 2011

MENYONGSONG PERAYAAN 150TH KEKRISTENAN DI LUAT ANGKOLA

widgeo.net
 
MENYONGSONG PERAYAAN 150TH KEKRISTENAN
DI LUAT ANGKOLA
Ka.Biro I GKPA


Dalam rangka menyongsong pelaksanaan Perayaan 150th Kekristenan di Luat Angkola, Panitia terus melaksanakan berbagai hal kegiatan, mulai dari rapat-rapat panitia dalam rangka merampungkan tugas-tugas setiap seksi, juga panitia terus berusaha mensosialisasikan kegiatan perayaan ini melalui berbagai media cetak, elektronik maupun majalah gereja.

Panitia telah melaksanakan sosialisasi ke wilayah P.Baru pada Minggu, 20 Pebruari 2011 bersama Ketua Umum Pdt.Togar S.Simatupang,MTh, didampingi Ketua I, Pdt.Laorensius Pasaribu,STh dan Pdt.Ramli SN Harahap (Sekum) di GKPA Jl.Durian P.Baru yang dihadiri majelis dan sintua GKPA yang adal di wilayah P.Baru, seperti GKPA Resort P.Baru dan GKPA Res.Payung Sekaki.

Sosialisasi ke wilayah Jakarta dilaksanakan pada Minggu, 20 Pebruari 2011 di GKPA Penjernihan yang dipimpin langsung Pucuk Pimpinan GKPA Pdt.A.L.Hutasoit,MA (Ephorus).

Sebelumnya, sosialisasi kegiatan ini telah dilaksanakan di GKPA Distrik I Angkola-Mandailing pada 8 Pebruari 2011 di GKPA Aek Bayur Resort PSP Tenggara oleh Ketua I dan Sekum Panitia. Pada saat yang bersamaan, panitia juga melaksanakan sosialisasi di GKPA Distrik II di GKPA Simangambat oleh Ketua Umum Panitia.

Sesuai kesepakatan bersama, sosialisasi untuk wilayah Medan dilaksanakan pada saat Rapat Majelis Pusat GKPA pada 24-26 Pebruari 2011 di Kantor Pusat GKPA. Hal disebabkan banyaknya kegiatan yang harus dilaksanakan di wilyah Medan sehingga sosialisasi kegiatan perayaan ini terpaksa dilaksanakan di Padangsidimpuan. Mereka juga berjanji seusai sosialisasi di Kantor Pusat GKPA, maka koordinator wilayah bersma anggota lainnya akan meneruskan sosialisasi kegiatan panitia ke Resort-resort dan Parlagutan-parlagutan yang ada di Wilayah GKPA Distrik III Sumatera Timur.

Untuk lebih mematangkan kegiatan Perayaan 150th Kekristenan ini, bersama ini Panitia menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan perayaan tersebut seperti:
1.      Napaktilas Perjalanan Missionaris oleh kategori Sekolah Minggu, Naposobulung, Ina dan Ama yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 9 Juli 2011 yang dimulai dari empat titik, yakni: Sipirok, Bunga Bondar dan Hutaraja, Padangmatinggi dan bertemu di Parau Sorat.
2.        Melaksanakan Ibadah Zending mulai dari tingkat Parlagutan/Jemaat hingga Distrik dan Puncaknya pada Ibadah Raya Zending di Parausorat.
a.       Ibadah Zending Parlagutan diaksanakan pada Maret 2011.
b.      Ibadah Zending Resort diaksanakan pada April 2011.
c.       Ibadah Zending Distrik diaksanakan pada Mei 2011.
d.      Ibadah Zending Pusat diaksanakan pada Sabtu, 9 Juli 2011 di Parau Sorat.

Pada ibadah zending ini akan dilaksanakan persembahan yang akan diberikan kepada Panitia Perayaan 150th Kekristenan.
Ibadah Raya Zending ini akan dipimpin Pendeta yang memiliki visi dan misi yang membangkitkan semangat penginjilan di tanah Batak khususnya di luat Angkola.
3.        Melaksanakan pengobatan gratis dan operasi bibir sumbing gratis melalui kerjasama  lembaga-lembaga, para dokter dan dengan pihak Pemerintah Daerah. Kegiatan ini akan dilaksanakan sebelum pelaksanaan Ibadah Raya di Parausorat kepada masyarakat yang berada di Parau Sorat dan sekitarnya.
4.        Melaksanakan Seminar Adat Angkola dan Horja dalam rangka meningkatkan pemahaman dan menumbuhkembangkan kecintaan terhadap budaya Angkola. Kegiatan ini akan dilaksanakan di dua Distrik yakni, GKPA Distrik I dan GKPA Distrik II pada Maret-April 2011.
5.        Menerbitkan Buku-buku dalam rangka membangkitkan semangat penginjilan di tanah Batak dan menjadi warisan sejarah bagi generasi yang akan datang. Buku ini akan diterbitkan dan didistribusikan pada saat pelaksaan pesta di Parau Sorat.
6.        Menjadikan Parau Sorat sebagai tempat Wisata Iman bagi seluruh orang Kristen di tanah Batak.
7.        Melaksanakan Bible Camp Pemuda pada 6-8 Juli 2011 di Parausorat.
8.        Perayaan Puncak Perayaan 150th Kekristenan di Luat Angkola pada Minggu, 10 Juli 2011 di Parau Sorat.
9.        Penanaman Pohon di sekitar Parau Sorat pada 15 Maret 2011.
Selain itu, Panitia juga telah mencetak spanduk, poster, stiker, pin dan kaos untuk disebarkan kepada seluruh Gereja yang ada di GKPA agar gaung perayaan ini semakin dirasakan oleh seluruh Warga Jemaat.
Perlu juga kami jelaskan bahwa dalam pelaksanaan Napaktilas ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni:
a)  Kegiatan akan dilaksanakan pada 9 Juli 2011 jam 08.00 pagi.
b)  Peserta 20 orang/resort dengan ketentuan: 5 orang Sekolah Minggu, 5 orang Naposobulung, 5 orang Ina, dan 5 orang Ama.
c)   Titik Berangkat: Bungabondar, Sipirok, Baringin, dan Hutaraja
-     Resort 1-7 : berangkat dari Hutaraja – Parausorat         (2km) --- 40’
-     Resort 8-14: berangkat dari Sipirok – Parausorat            (6km) --- 70’
-     Resort 15-21: berangkat dari Baringin – Parausorat (2km) --- 40’
-     Resort 22-30 : berangkat dari Bungabondar – Parausorat            (3km) --- 60’
d)    Kriteria Peserta:
-     Anak Sekolah Minggu usia minimum 10 tahun
-     Naposobulung maksimal usia 35 tahun
-     Ina maksimal usia 55 tahun
-     Ama maksimal usia 55 tahun
e)     Baju Kaos : Disediakan Panitia baju kaos Panitia Napaktilas
f)     Pelaksana: Panitia Inti
g)     Kegiatan:
-     Selama dalam perjalanan Panitia menyediakan informasi-informasi kegiatan para misionaris di daerah yang dijalani
-     Peserta akan mengumpulkan potongan-potongan kalimat dan akan dikumpulkan di Parausorat. Kelompok yang mengumpulkan dengan tepat kalimat yang disediakan panitia akan menjadi peserta terbaik.
Mengenai kegiatan Bible Camp Pemuda, Panitia telah mengirimkan surat kepada seluruh Pengurus PN GKPA di berbagai tingkatan.
Paniti juga terus meningkatkan intensitas sosialisasi kepada jajaran pemerintah daerah. Panitia telah mengadakan sosialisasi kepada Pemkab Tapanuli Selatan, dan Pemko Padangsidimpuan. Kedua pemerintahan ini berjanji akan mendukung sepenuhnya kegiatan Perayaan 150th Kekristenan di Luat Angkola dan bahkan bersedia memfasilitasi hal-hal yang berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan, termasuk untuk menjamu para tamu yang akan diundang dalam rangka menghadiri kegiatan ini seperti: Menteri Agama RI, Gubernur Sumatera Utara, Ketua PGI dan pimpinan Gereja-gereja lainnya baik dalam maupun luar negeri.
Panitia akan berencana mengadakan sosialisasi kepada Pemkab Mandailing Nata (Madina), Pemkab Padang Lawas (Palas), Pemkab Padang Lawas Utara (Paluta), Dandim, Danyon, Brimob Tapsel. Panitia juga akan mengadakan sosialisasi kepada Pimpinan Gereja-gereja Sumatera Utara seperti ke HKBP, GKPI,GKPS,HKI dan kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Walikota Medan, dan Ketua PGI Wilayah Sumatera Utara.
Demi mengenang usaha para missionaries dulu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, panitia bersama Pemkab Tapsel akan mencoba menjaring kerjasama dengan Program Peduli Indosiar untuk melaksanakan pengobatan gratis seperti: operasi bibir sumbing dan pemberian alat bantu kaki, tangan, pendengaran dan kursi roda bagi masyarakat yang membutuhkannya.

Sekum Panitia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar