Senin, 04 April 2011

Perumnas Simalingkar Banjir Besar


widgeo.net

Perumnas Simalingkar Banjir Besar

Harian Sib Online,Listrik Dipadamkan, Warga Mengungsi
MEDAN-Hujan yang mengguyur Kota Medan sejak petang hingga dinihari tadi menyebabkan ratusan rumah di kawasan Perumnas Simalingkar tenggelam. Hingga dinihari tadi air sudah merendam rumah warga setinggi 2 meter. Belum ada informasi korban jiwa dalam peristiwa itu, namun warga sudah meninggalkan rumahnya dan mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Hingga berita ini naik cetak air masih terus naik.
Simalingkar Tenggelam Perumnas Simalingkar Banjir Besar
Simalingkar Tenggelam
daerah yang terendam Merica Raya, Cengkeh Raya, Jahe Raya, Pala Raya, Jahe 2, Jahe 6, Pala Raya 7 sampai 11. Banjir disebabkan karena air Sungai Simalingkar yang membelah Kota Medan dan Deli Serdang meluap, tepatnya di Jalan Merica Raya.
Personel TNI dan polisi tampak berjaga dan memantau di lokasi banjir.
Menurut Jhon Barus, air mulai masuk ke rumah sejak pukul 22.00 WIB. Akibatnya, warga mematikan lampu karena takut korsleting. Warga kemudian mengungsi ke lokasi yang lebih tinggi. Warga Simalingkar lainnya, br Ginting menyebutkan rumahnya yang berada di Jalan Pala Raya tenggelam setinggi 2 meter. Akibatnya, mereka sekeluarga terpaksa mengungsi ke lokasi yang lebih tinggi di daerah tersebut. “Hingga dinihari ini air masih seleher orang dewasa,” kata br Ginting.

Simalingkar Tenggelam2 Perumnas Simalingkar Banjir Besar
Simalingkar Tenggelam
Banjir memang sering terjadi jika hujan deras mengguyur. Tapi, kali ini air cukup tinggi.”Saya berharap kepada Pemkab Deli Serdang untuk membersihkan parit yang ada di sekitar rumah warga, karena air tersumbat dan sering meluap,” katanya.
Menurut N Batubara, banjir besar ini merupakan yang ketiga setelah bulan Juni 2003 yang lalu. Sebelumnya, Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memperkirakan, curah hujan pada awal April sangat tinggi. BMKG mengimbau kepada warga Sumatera Utara, untuk mewaspadainya, karena kemungkinan besar bakal terjadi banjir.
Simalingkar Tenggelam3 Perumnas Simalingkar Banjir Besar
Simalingkar Tenggelam
Kepala Bidang Pelayanan Data dan Informasi BBMKG, Hendra Suwarta menjelaskan pada awal April ini curah hujan di atas normal. ”Berdasarkan pemantauan yang dilakukan, curah hujan diperkirakan merata dan terjadi hampir di seluruh daerah Sumatera Utara,” ungkapnya.
Dikatakannya, curah hujan itu, menyebabkan adanya potensi luapan sungai atau banjir kiriman yang terjadi di sejumlah daerah. Untuk di wilayah pantai barat, potensi banjir itu ada di Batu Mundam dan Singkuang, Kabupaten Mandailing Natal, Aek Sibundong dan Batang Garigis di Kabupaten Tapanuli Tengah, Batang Toru di Kabupaten Tapanuli Selatan dan beberapa lokasi di Kabupaten Tapanuli Utara.
Sedangkan di wilayah pantai timur, sebut Hendra, banjir yang muncul karena adanya air kiriman. Daerah banjir berpotensi terjadi di Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Batubara, dan Asahan. BBMKG juga memperkirakan, curah hujan itu akan disertai angin kencang, karena adanya gangguan cuaca di arah Selatan.
Dengan faktor gangguan cuaca di arah Selatan dan sedang menerima tiupan angin barat, potensi curah hujan diperkirakan akan terjadi pada sore hingga malam hari. Ditambahkan, pengaruh angin kencang itu juga mempengaruhi kondisi ketinggian air laut di sekitar Sumut.
Disebutkan Hendra, ombak laut akan tinggi diperkirakan ketinggiannya mencapai 1,2 meter di perairan Lhokseumawe dan Selat Malaka, sekitar 2,5 meter di Laut Aceh dan Nias, dan sekitar tiga meter di Samudera Hindia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar