Sabtu, 14 Mei 2011

Sibasaon Minggu, 2 Juni 2011: 1 Raja-raja 8:22-28

widgeo.net

DOA SALOMO

HATORANGAN NI SIBASAON

MINGGU HANANAEK NI JESUS 
KAMIS, 2 JUNI 2011

Jamita : Yohannes 12 : 32 – 35.
Sibasaon : 1 Raja-raja 8:22-28.


PENDAHULUAN

Doa Salomo pada 1 Raja-raja 8 : 22-28, dapat juga kita lihat pada 2 Taw 6 : 12-19. Doa yang di panjatkanoleh Salomo, di dpan Mezbah Tuhan, dengan diikut sertakannya seluruh umat/jemaat bangsa Israel. Sambil berdoa, Salomo juga memberkati jemaatnya. Doa ucapan syukur Salomo kepada Tuhan karna pembangunan Bait Suci Allah telah selesai juga, Tuhan telah memenuhi janjinya kepada Daud ayahnya.

PENJELASAN

Janji yang ditepati (ayat 22-26)

Salomo melakukan doa syafaat, sambil mengandalkan tangan dan mengucap syukur kepada Tuhan. Dalam doa Syafaat, Salomo juga memberkati umatnya dengan penumpangan tangan, penempatan janji Tuhan kepada Daud teleh di penuhi, karna kerajaan yang di pimpin oleh Daud diteruskan/ diturunkan kepada Salomo anaknya. Tambahan bukti Tuhan menepati janjiNya keturunan Daud beserta bangsaNya tetap diberkati turun temurun. Tentu dengan persyaratan bangsa itu tetap setia kepada Tuhan.

Tuhan setia akan janjinya, tentunya kitapun harus setia sepenuhnya, patuh, taat melakukan perintah dan hukumnya.

Bait Suci Allah (ayat 27-28)

Bait Suci Allah memang telah selesai dibangun oleh salomo, yang meneruskan pembangunan yang tertunda dikerjakan oleh Daud. Salomo bertanya kepada Tuhan Allah, Apakah Dia mau mendiami Bait Sucinya itu. Salomo berpikir sedangkan Bumi ini tak akan cukup tempat, hannya untuk meletakkan sebelah kakiNya. Salomo tetap berdoa dia tak putus asa, terus berdoa kepada Tuhan agar didengarkan dan dikabulkan Tuhan doanya. Bahkan dengan sifat memaksa kepada Tuhan, agar dia mau memalingkan mukaNya dan telingaNya, untuk melihat dan mendengarkan serta mengabulkan doa permohonan terlebih-lebih untuk hari ini melebihi dari hari-hari sebelumnya.

APLIKASI

Seperti pepatah mengatakan: tidak jauh jatuh buah dari batangnya, sepertinya dengan Salomo yang tidak jauh sifatnya dari kepribadiannya dengan ayahnya Daud. Kepatuhan kepada Tuhan, raji berdoa, raja yang adil bijaksana dan selalu memperhatikan rakyatnya. Handal bermazmur, puisi, atau syair yang dapat kita baca dalam kitab Mazmur atau Amsal.

Kerajaannya diberkati dengan penuh kekuasaan yang luar biasa, kekayaan yang berlimpah ruah yang belum ada tandingannya ( 2 Taw 1 : 14-17). Itulah berkat Tuhan yang dlimpahkan kepada hambaNya Salomo seorang yang rendah hati tidak sombong, apapun yang ada padanya semua itu datangnya dari Tuhan.    Amen


GKPA Resort Aek Bingke
Pdt.DRP.Hutabarat,STh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar