Selasa, 04 Januari 2011

BACAAN ALKITAB MINGGU, 13 PEBRUARI 2011: Mazmur 99:1-9

widgeo.net
“TUHAN RAJA YANG KUDUS”



HATORANGAN NI SIBASAON

MINGGU 5 EPIPHANIAS
MINGGU, 13 PEBRUARI 2011

Jamita : Markus 1:9-15
Sibasaon : Masmur 99:1-9

Pendahuluan
Kitab mazmur, banyak berisikan puji-pujian yang mengagungkan kebesaran Tuhan.Kekudusan Tuhan di paparkan secara rinci.Nyanyian syukur, doa pujian pun mendominasi kitab mazmur ini. Pada fasal 99 : 1-9 ini,Tuhan diproklamirkan sebagai pencipta yang adalah Tuhan Allah, sebagai Raja yang kudus yang tak bisa ditandingi oleh Allah-Allah lainnya.

Penjelasan
Tuhan Raja Yang Kudus (ayat 1-5)
Tak ada raja yang tidak di takuti, disegani, dihormati oleh rakyat yang dipimpinnya. Tuhan diatas segala raja yang ada di dunia ini.Bumi bergetar dan berguncang mendengar namaNya yang besar, apalagi para raja di seantero dunia akan gentar dan gemetar mendengar kebesaran dan kedahsyatan Tuhan allah yang akbar tersebut.Sepatutnya seluruh umat manusia menyanyikan pujian dan dengan rasa hormat yang tinggi bersujud di bawah telapak kakiNya yang kudus.Raja yang besar yang mencintai dan menegakkan keadilan atas hukum-hukumNya. Keturunan Yakub yang di berkahi karena mereka selalu tunduk,patuh dan taat kepada Tuhan yang bersujud pada tumpuan kakiNya. Tuhan Allah yang kudus, patut mendapat tempat tertinggi di atas segala tempat yang ada di dunia ini.
Musa,Harun dan Samuel hamba Tuhan (ayat 6-9)
Musa,Harun dan Samuel mewakili seluruh umat bangsa-bangsaTuhan untuk menyerukan kebesaran namaNya. Seruan dan Permohonan bangsa-bangsa itu didengarkan oleh Tuhan, tuhan selalu dekat dengan mereka dan dapat dirasakan oleh bangsa itu. Berbentuk tiang awan Tuhan mengawal bangsa-bangsaNya keluar dari tanah Mesir. Kepatuhan dan ketaatan bangsa itu sangat menyukakan /menyenangkan hati Tuhan. Tuhan pun maha pengampun , maha mengampuni dosa UmatNya yang mau bertobat dengan sungguh-sungguh.Tetapi bukan berarti tidak mau menghukum, Dia menghukum dengan berat sekali kepada orang yang tegar tengkuk.Itulah seruan Pemazmur, agar tetap melakukan apa yang menyenangkan hati Tuhan. Mereka tak pernah lupa untuk menyerukan dan meninggikan nama Tuhan di tempat-tempat yang tinggi gunungNya yang kudus, maka umatNya juga harus kudus.

Aplikasi
Keberadaan tuhan adalah kudus dan mulia mengatasi segala sesuatunya. Harus mendapat prioritas tempat yang tinggi dan nomor satu di hati umat manusia. Campur tangan tuhan tidak boleh kita lepaskan dari segala aktifitas hidup kita, tapi bagi orang-orang bebal akan mengalami kekalahan dan kematian kekal. Bukti,telah di tunjukkan oleh umatNya yang setia,patuh/taat kepada hukum-hukum Tuhan.melakukan pelayanan dalam pekerjaan Tuhan dengan setia, walau banyak menghadapi tantangan bahkan kadang nyawa sebagai taruhannya. Amen.



Pdt.DRP.Hutabarat,S.Th
Pendeta Resort Aek Bingke

Tidak ada komentar:

Posting Komentar