Selasa, 04 Januari 2011

BACAAN ALKITAB MINGGU, 2 JANUARI 2011: Masmur 20 : 1 – 10

widgeo.net
“Doa Mohon Kemenangan“



HATORANGAN NI SIBASAON

MINGGU DUNG TAON BARU

MINGGU, 2 JANUARI 2011

Jamita : Mateus 2 : 13 – 23
Sibasaon : Masmur 20 : 1 – 10

Pendahuluan
Setengah dari pekerjaan  haruslah didukung oleh doa, bahkan doa dikatakan sebagai nafas kehidupan. Tanpa berdoa, telah mati secara rohani. Doa adalah kominikasi kepada Tuhan, menyampaikan puji syukur  terima kasih, mohon ampunan dan juga berkat. Daud contohnya, selalu menggantungkan harapannya kepada Tuhan, itulah sebabnya tidak perna ia melupakan untuk berdoa. Jelas tidak ada waktu yang tidak dipergunakan Daud berdoa kepada Tuhan. Tantangan demi tantangan hidup yang berat sering dialami oleh Daud, maka hanya kepada Tuhan tempat ia mengadu dalam setiap doanya. Daud tetap bersukacita, penuh pengharapan, sabar menghadapi himpitan dan tetap bertekun di dalam doa (Rom 12 : 12)

Penjelasan
Isi doa Daud (ayat 1-6)
Karena menghadapi bahaya dan tantangan hidup yang sangat berat dari musuh-musuhnya, maka hanya kepada Tuhan dia bermohon dan meminta kemenangan atas musuh-musuhnya itu. Doa itu berisikan beberapa pengharapan antara lain :
         1.         Mendapat jawaban dari Tuhan diwaktu kesesakan
         2.         Kuasa Tuhan dapat melindungi
         3.         Mendapat bantuan yang dikirimkan dari rumahNya
         4.         Memberikan pertolonganNya dari Bukit Sion
         5.         Akan mengingat selalu kepada persembahan yang diberikan
         6.         Diberikan apa yang diinginkan atau dibutuhkan
         7.         Senang akan korban bakaran
         8.         Segala rencana yang baik dapat dikabulkan
Apabila doa pengharapan ini dikabulkan Tuhan, maka sorak-sorai gegap-gempita sambil mengangkat panji-panji untuk memuji kebesaran Tuhan.

Doa yang terjawab (ayat 7-10)
Sukacita besar apabila ada permintaan/pengharapan terpenuhi/dikabulkan . Demikianlah dengan DAud begitu gembira dan bersukacita sekali, seluruh doanya didengar dan dikabulkan Tuhan.Tuhan telah memberikan kemenangan kepada Daud dari tempat suci sorga, Tuhan selalu mendengarkan doa dari hambaNya yang baik Daud. Tetapi orang-orang yang mengandalkan kuda dan kereta perang yang lengkap, akan mengalami kekalahan yang kekal. Mengapa? Karena Tuhan sendirilah dihadapi oleh mereka dan mereka akan rebah/jatuh mati. Mengandalkan Tuhan adalah kemenagan yang selalu ia peroleh, tak ada satupun musuh yang sanggup mengalahkan Daud karena dia mendapat pertolongan dan perlindungan dari Tuhan. Daud yang rendah hati tidak sombong, merasakan apa yang sudah dia peroleh adalah datangnya dari Tuhan. Tetap berdoa dan berdoa itulah bagian hidup Daud, apapun situasi dan kondisi yang dialaminya.

Aplikasi

Kekuatan doa besar sekali kuasanya, apalagi di doakan oleh orang-orang benar (Yak 5 : 16b). Teladan yang baik dapat dicontoh dari Daud, tetap menjadikan doa adalah bagian penting hidupnya. Dengan hati yang tulus ikhlas, kita panjatkan doa yang juga turut didukung oleh Roh Kudus agar doa kita mendapat tempat di hati Tuhan. Kita telah dibersihkan dari noda dosa dengan air yang murni, juga Tuhan yang setia tidak perna mengingkari janjiNya kepada kita. Hendaknya kita juga saling memperhatikan satu dengan yang lainnya, agar dapat terjalin hubungan-hubungan yang baik saling tolong-menolong di dalam kasih yang dari Tuhan. Amin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar