Rabu, 10 November 2010

HARI PAHLAWAN

widgeo.net
HARI PAHLAWAN
Ramli SN Harahap
Pahlawan adalah seorang pejuang. Pejuang kemerdekaan, pejuang kemanusiaan, pejuang hak asasi manusia, pejuang lingkungan hidup, pejuang yang lainnya. Para pejuang ini patut dihargai dan dihormati. Bahkan ada yang menghormati mereka dengan mengangkat mereka sebagai pahlawan baik ditingkat internasional, nasional, regional, maupun daerah serta sektarian. Pejuang-pejuang ini merupakan tokoh dalam masa-masa mereka hidup dan berkarya. Mereka berkarya demi orang lain. Mereka berjuang demi kehidupan orang lain. Mereka bertindak demi kenyamanan orang lain.

Saat ini para pejuang ini pun masih ada dan berada bersama dengan kita. Ada banyak orang yang berjuang demi keutuhan ciptaan bumi ini. Ada banyak orang yang berjuang mengentaskan kemiskinan di seantero bumi ini. Ada banyak orang yang berjuang demi kedamaian bagi negara-negara yang bertikai. Ada juga banyak orang yang berjuang mempertahankan hak-hak mereka, hak-hak rakyat miskin, dan pejuang-pejuang lainnya. Namun mereka tidak dihargai sama seperti para pejuang yang sudah meninggal. Tampaknya para pejuang seperti ini tidak mendapat perhatian masyarakat. Mungkin bagi kita masyarakat biasa ini, pejuang yang patut dihormati hanyalah para pejuang yang mati mempertahankan kemerdekaan. Padahal banyak para pejuang yang tidak hanya mempertahankan kemerdekan melainkan pejuang yang mempertahankan hidup kedamaian, hidup dan kehidupan di dunia ini. Namun mereke jarang sekali dihargai.

Pada hari Pahlawan ini, marilah kita mengenang para pejuang dan keluarga yang telah ditinggal mereka. Mengenang bukan berarti kita hanya terlarut dalam kesedihan mereka. Namun kita harus bangkit dan meneruskan perjuangan mereka demi kemakmuran dan kemajuan bangsa Indonesia yang adil dan makmur. Melupakan para pahlawan berarti merusak negara. Melupakan para pejuang berarti mematikan kehidupan. Mengenang para pejuang dan pahlawan berarti membangun bumi dan masyarakat yang adil dan makmur serta madani.

Salam perjuangan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar